by

Taman Batu Granit Tempat Wisata di Lampung Selatan Paling Instagramable

Lampungway.com. Taman Batu Granit Tempat Wisata di Lampung Selatan Paling Instagramable. Tak disangka, Lampung Selatan ternyata menyimpan tempat wisata yang sangat beragam, tak hanya air terjun maupun pantai yang sudah terkenal. Salah satunya Taman Batu Granit sebagai salah satu Tempat Wisata di Lampung Selatan yang berada di Tanjung Bintang.

Ada Apa di Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Batu besar yang berada di atas bukit menjadi salah satu Tempat Wisata di Lampung Selatan yang sangat ikonik dan instagramable dan paling banyak menjadi lokasi foto yang sangat menakjubkan, terdapat batu yang berdiri kokoh menyembul diantara hijaunya kebun karet.

Hal ini yang menjadi sasaran pandangan pertama menginjakkan kaki di Taman Batu Granit ketika Anda berkunjung di salah satu Tempat Wisata di Lampung Selatan.

Tak hanya satu atau dua batu, namun Anda bisa melihat banyak batu granit yang tersusun saling tumpang tindih dan menjadi keajaiban alam, karena niscaya manusia bisa menyusun batu-batu tersebut karena berukuran sangat besar.

Susunan batu granit yang ada di Taman Batu Granit Tanjung Bintang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia sedikitpun. Hamparan Batu granit tersebut menjadi spot incaran favorit para pemburu foto di Lampung.

Lokasi Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Terletak di kawasan Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh satu setengah jam perjalanan darat melalui Jl. Ir Sutami (Kawasan Industri Lampung)

Jika Anda ingin ke Taman Batu Granit Tanjung Bintang, ada beberapa rute yang bisa dilalui untuk menuju taman batu tersebut diantaranya :

Rute Menuju Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Rute dari Bandar Lampung 

Berpatokan dari Bundaran Tugu Raden Intan di jalan Soekarno Hatta atau dikenal dengan Jalan By Pass. Kemudian menuju ke arah Panjang hingga bertemy dengan Jalan layang (fly over) Kali Balok (merupakan Fly Over terakhir di sepanjang jalan Soekarno Hatta) Ingat guest jangan salah belok fly over ya… bisa gak ketemu nanti. Patokan Fly overnya adalah jika sudah melewati Rumah Makan Begadang V atau Hotel Nusantara nah, disitulah terdapat Fly Over Kali Balok (Kali Balau)

Lanjutkan perjalanan belok kiri masuk ke Jl. Pangeran Tirtayasa, lurus terus sampai menemukan simpang tiga (pertemuan dengan Jl. Insinyur Sutami). Lalu, lanjut belok kiri terus sampai menemukan Pasar Palputih, jika sudah bertemu pasar tersebut maka jalan terus sampai menemukan simpang tiga lagi.

Kemudian belok kanan ke arah Perkebunan Karet PTPN VII, diisini Anda akan berada di Desa bernama Purwodadi Dalem. Nah, dari situ anda bisa mengikuti jalan masuk menuju Taman Batu Granit Tanjung Bintang. Akan lebih mudah lagi jika pengunjung menggunakan google maps dari smartphone.

Rute dari Bakauheni

JIka Anda dari Pulau Jawa dan melakukan penyebrangan melalui Bakauheni, Anda bisa melalui jalan Tol (untuk kendaraan roda empat) menuju ke Kota Bandar Lampung dengan melalui Pintu Keluar Tol Lematang nah ini sangat dekat dengan lokasi karena setelah keluar pintu tol maka Anda sudah berada di Jl. Ir. Sutami

Atau jika Anda menggunakan kendaraan roda dua dari Bakauheni menuju ke Bandar Lampung melalui Kota Kalianda, hingga sampai di Panjang lalu lurus hingga bertemu pertigaan PJR (Pertemuan jalan Soekarno Hatta dengan Jl. Ir. Sutami) Anda bisa belok ke kanan melalui jalan yang berliku dan penuh tanjakan, lanjutkan terus sampai ke lokasi seperti Rute dari Bandar Lampung.

Akomodasi di Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Penginapan atau Hotel

Untuk saat ini, Akomodasi seperti penginapan maupun hotel disekitar Tanjung Bintang belum tersedia namun jika Anda berasal dari luar Lampung bisa mencari penginapan di sekitar Kota Bandar Lampung.

Rumah Makan atau Restoran

Rumah Makan disekitar Taman Batu Granit sudah tersedia di sekitar pasar PalPutih, atau bisa juga ke arah Kota Bandara Lampung.

Transportasi

Sedangkan untuk transportasi umum ke lokasi ini cukup sulit ditemukan, pilihan paling nyaman adalah menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

Anda bisa menyewa kendaraan di sekitar Bandar Lampung tentu saja menyewa kendaraan bersama dengan sopirnya karena masih sangat jarang di Bandar Lampung sewa kendaraan harian lepas kunci.

Untuk Tarif sewa mobil harian plus sopir mulai dari 400 ribuan untuk mobil Avanza/Xenia sedangkan untuk Inova bisa 500 rbuan atau 600 rbuan. JIka Anda bingung karena belum ada rekomendasi sewa mobil, bisa menghubungi kami di no telp hp. 082176264000. No.Wa 082176261999 (kami akan bantu untuk mencarikan kendaraan untuk Anda)

Harga Tiket dan Fasilitas Masuk Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Saat ini, Taman Batu Granit Tanjung Bintang belum dikelola dengan baik, jadi untuk tiket masuk Taman Wisata Batu Granit belum ada tarif yang baku, terkadang pihak penjaga meminta uang parkir sebesar Rp. 10.000.

Sedangkan untuk fasilitas Taman Batu Granit belum ada, karena masih alami, belum menjadi Taman Wisata, sehingga nuansanya pun masih menyatu dengan alam. Jadi jangan berharap ada Kantin, atau Toilet di lokasi ini. Mungkin kedepan bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah, pemerintah desa.

Keindahan Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Keindahan Taman Batu Granit yang menjadi salah satu Tempat Wisata di Lampung Selatan ini terletak pada berbagai ukuran batu yang menyambut pengunjung, bahkan sebelum sampai di lokasi, ada banyak batuan granit berjejeran dipinggir jalan.

Sebelum tiba di lokasi, pengunjung akan melewati perkebunan karet dengan hamparan berbagai ukuran batuan granit yang tersebar diantara pohon karet.

Suasana perkebunan karet yang menyejukan menambah keindahan alam di Taman Batu Granit, dengan vegetasi pohon karet yang rapat membuat sinar matahari sulit tembus, sehingga sangat sejuk dan nyaman.

Setibanya di Taman Batu Granit, ada batu sangat besar yeng berjejeran. Batu tersebut bisa dipanjat oleh pengunjung tentu dengan hati-hati ya guest.

Nah, dari atas batu inilah akan nampak pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan kebun karet nan hijau dengan pola tanaman yang rapih dijamin mampu memanjakan mata pengunjung.

Apalagi pemandangan sepeti ini jarang ditemui di lokasi lain. Jika di lokasi lain pemandangan kebun karet nampak dari tempat yang datar, namun di sini kita bisa memandangi hutan karet pandang dari tempat yang lebih tinggi.

View yang sangat langka ini sulit ditemukan di Kota Besar. Jadi tidak salah, jika para pemburu spot foto di Lampung pasti pernah mengunjungi Taman Batu Granit Tanjung Bintang.

Anda dan keluarga juga wajib membawa bekal makanan dan minuman, karena warung atau rumah makan tidak tersedia di obyek wisata instagramable di Lampung Selatan ini.

Lebih nyaman lagi jika pergi ke lokasi ini beramai-ramai demi keamanan dari tindak kejahatan atau tindak kriminal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait Taman Batu Granit Tanjung Bintang, sebagai salah satu wisata alam di lampung dan semoga informasi ini bisa menjadi referensi liburan anda.

Kami juga menyarankan anda untuk membaca ulasan tempat wisata di Lampung yang lengkap mulai dari destinasi pantai di Lampung hingga wisata alam di Lampung, termasuk Air Terjun di Lampung

Sumber : Lampung.co