by

Wisata Alam Air Terjun Way Kalam Surga Tersembunyi Lampung Selatan

Lampungway.com. Wisata Air Terjun Way Kalam Surga Tersembunyi Lampung Selatan. Air Terjun Way Kalam merupakan salah satu objek wisata alam di kaki Gunung Raja Basa yang berada di Kabupaten Lampung Selatan tepatnya di Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan Propinsi Lampung.

Nama air terjun Way Kalam diambil dari nama desa Way Kalam dalam bahasa Lampung  Way artinya : “air”,  Kalam artinya :”Batu ampo (cadas) jadi Way Kalam adalah : Air yang keluar dari batu cadas, tetapi ada versi lain yaitu : Way adalah “air” dalam bahasa Lampung, Kalam adalah : “Berbicara” dalam bahasa Arab, jadi Way kalam secara bahasa adalah : air yang berbicara.

Kegiatan berenang do Air terjun memang menjadi favorit banyak orang. Selain menyenangkan, kegiatan ini pun merupakan olah raga yang menyehatkan dengan sumber air alami dan melimpah dan berasal dari air terjun yang indah ? sungguh pengalaman yang belum pernah kita lakukan bukan…?
Air terjun yang berada di dalam kawasan Kaki Gunung Raja Basa ini seolah menampilkan atraksi keelokan ekowisata utama bagi hutan yang juga berfungsi sebagai sumber air (kehidupan) bagi warga sekitar aliran Sungai Penengahan. (Desa Gayam dan sekitarnya).

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Kota Kalianda – ibu kota Kabupaten Lampung Selatan dan 16 KM dari pelabuhan bakauheni yang sekaligus pintu masuk Pulau Sumatra-Jawa.
Untuk menikmati keindahan Air Terjun Way Kalam aksesnya sangatlah mudah dengan melakukan perjalanan berkendara menuju Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan.
Setelah anda sampai di desa Way Kalam perjalanan akan dilanjutkan menuju air terjun way kalam  dengan tetap mengendarai kendaraan anda (mobil, motor, sepeda) dengan jarak hanya 1,5 Km (15 menit) langsung menuju lokasi parkiran taman wisata Air terjun way Kalam.
Disini, telah tersedia lokasi parkir untuk motor dan mobil yang aman dan sangat representatif, dari lokasi parkiran yang sangat sejuk sembari Anda tinggal berjalan kaki 15 menit saja untuk langsung menikmati keindahan air terjun Way Kalam dan air terjun anakan Way kalam.
Dalam perjalanan menuju air terjun Way Kalam, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang bervariasi dengan jalur trekking dimulai dari perkampungan penduduk, melewati hutan pohon kopi dan ladang penduduk yang mayoritas petani.
Jika anda berkunjung bertepatan pada musim durian anda akan menikmati sensasi nikmatnya durian jatuh dari pohonnya dan Anda dapat menikmati langsung buah durian, sungguh pengalaman yang sulit didapatkan dan dilupakan bukan ?
Sebelum anda menuruni jalan menuju air terjun sebaiknya kita duduk dan beristirahat di gazebo-gazebo yang ada di lokasi dan mempersiapkan energi kita untuk menuruni nya. Walaupun medannya yang sedikit curam namun pemandangan yang ditawarkan sangat indah karena menawarkan keexotisan hutan tropis yang masih sangat original.
Ketika anda sudah akan sampai di Air Terjun Way Kalam. Dari kejauhan, pesona air terjun yang di kanan dan kirinya dipenuhi pepohonan yang hijau sudah akan nampak dalam pandangan.
Air terjun Way  Kalam yang memiliki ketinggian 45 meter dan memiliki kolam alami yang cukup besar untuk menampung aliran air yang jatuh. Sangat cocok untuk tempat  berenang. Sebagai kawasan yang masih alami tapi banyak dikunjungi wisatawan ini, air terjun Way kalam masih sangat jernih dan bersih.

Latar alam pegunungan dan hutan tropis hijau alami serta udara pegunungan sejuk adalah penambah kecantikan air terjun ini.  Selain Air Terjun Way Kalam, Way Kalam juga menawarkan dua Air Terjun lainya yang indah dan exotis untuk memanjakan anda yaitu :

Air Terjun Anakan
Air Terjun Way Kuya
Air terjun anakan dan way kuya mungkin masih agak asing di telinga kita, karena memang baru kita mulai dalam pengelolaanya dan sudah mulai dikunjungi oleh wisatawan dan masih di wilayah desa Way Kalam dan menawarkan ke exotisan sendiri.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Kalam

Air terjun ini telah dikelola oleh Pokdarwis (kelompok Sadar Wisata) Desa Way Kalam. Mereka membangun fasilitas pondokan dan juga tempat parkir. Mereka juga telah memperbaiki tangga jalan (membuat jalan setapak).

Harga tiketnya cukup terjangkau yakni Rp. 5000 per orang. Untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 dan mobil sebesar Rp. 20.000.

Hutan Gunung Rajabasa adalah hutan tropis yang memiliki kekayaan flora dan fauna, beberapa diantaranya Burung Rangkong, orang utan, elang sumatra, Rusa, kijang tutul putih, burung muray batu, tonggiling, landak, kera, kura-kura air tawar dan jenis hewan langka lainnya.
Anda tak perlu khawatir hewan-hewan itu tidak akan pernah mengganggu pengunjung, karena pengelola sudah mengkondisikannya dengan pihak kehutanan, dan untuk harimau di Hutan Gunung Raja Basa saat ini sudah punah.
Apabila beruntung, Anda dapat menyaksikan langsung hewan-hewan endemik tersebut seperti rangkong yang sering berterbangan dikawasan air terjun way kalam. selain itu Gunung Raja basa yang ketinggiannya sekitar 2.500 M ini menantang anda untuk didaki, tak perlu khawatir…Pihak pengelola menyediakan jalur pendakian ke puncak Raja basa yang diatasnya terdapat kawah mati yang luasnya seperti stadion Gelora bung Karno

Tips Wisata di Air Terjun Way Kalam

Bawalah pakaian ganti dan handuk, obat-obatan, sunblock, makanan dan minuman ringan saat menjadwalkan kunjungan ke Air Terjun Way Kalam, makanan ringan bisa kita beli di warung/kedai yang ada di desa Way Kalam.
Saat trekking, aturlah napas dan jagalah kecepatan dan lebar langkah kaki. Hal ini agar Anda tidak cepat lelah namun mungkin akan sedikit memperlambat perjalanan.  Usahakan tidak terlalu banyak minum selama trekking karena kelebihan cairan akan membuat badan justru menjadi lemas.
Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk trekking ke hutan. Apabila Anda berniat menikmati keindahan sun rise di Puncak Gunung Rajabasa dan mendaki Puncak Gunung Rajabasa maka menginap 1-2 hari semalam di desa terdekat adalah pilihan yang cukup bijak.

Transportasi Menuju Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam dapat diakses dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Dari Sumatra akses utama adalah dari Bandar Lampung, ibu kota Lampung, sedangkan dari Jawa, dapat diakses dari ibu kota Jakarta dan melalui Provinsi Banten.
Dari Bandar Lampung
Dari Bandar Lampung Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Raja basa atau Panjang ke arah Kalianda/Bakau Heni Kabupaten Lampung Selatan dengan lama perjalanan selama kurang lebih 1 Jam.
Dari Bandar lampung berhenti di depan polsek penengahan atau kantor camat Penengahan, setelah itu anda bisa langsung naek ojek ke desa way kalam dengan cost Rp.10.000, saja yang hanya berjarak 7 KM dari kantor Polsek penengahan.
Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan motor) bisa langsung belok kanan sebelum polsek penengahan dan nanti tinggal melihat rambu rambu saja dan jamin anda dapat sampai di air terjun way kalam dengan mudah, nyaman dan cepat.
Dari Jakarta
Kita langsung menuju pelabuhan merak dan menyebrang ke pelabuhan bakauheni Lampung selatan, dari Bakauheni berhenti polsek penengahan, setelah polsek penengahan belok kiri dan dilanjutkan sama dengan rute diatas.
Akomodasi di Sekitar Air Terjun Way Kalam
Belum tersedia banyak akomodasi memadai di desa Way Kalam. Bagi wisatawan yang ingin menginap dan melakukan trekking ke air Terjun Way Kalam dan kawasan lain di sekitarnya, tersedia home stay sederhana di Desa Way Kalam yang menawarkan konsep atmosfir desa.
Tidak perlu cemas Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang  wisata desa way kalam di Base Camp dan Information Center kelompok sadar wisata (pokdarwis) way terjun yang akan ditemani oleh  Pemandu wisata (Guide) lokal dari Kelompok Sadar Wisata Desa Way Kalam.
Akomodasi utama hanya dapat ditemukan di dalam kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Di sini, selain menawarkan fasilitas menginap dan kegiatan, juga dapat mengatur perjalanan ke Wisata Alam dan Wisata Budaya serta cagar alam krakatau.  Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dicari hotel. Akomodasi lain yang tersedia di Kalianda adalah sebagai berikut:

Hotel di Kalianda Lampung Selatan

Hotel Amarta Agung Indah
Jalan Trans Sumatera, Tarahan
Telepon :  +62 721 31556
Zcvzc Hotel Beringin
Alamat: Jalan Kesuma Bangsa, Kalianda
Telepon: +62 727 322008Hotel Bintang Selatan 
Jalan Indra Bangsawan, Kalianda
Telepon: +62-727-322003Hotel Fajar
Jalan Trans Sumatera, Kalianda
Telepon: +62-727-322397

Hotel Kalianda
Jalan Indra Bangsawan, Kalianda
Telepon: +62 727 322092

Hotel Mini II 
Jalan Trans Sumatera, Tarahan
Telepon: +62 721 264052

Hotel Way Urang
Jalan Indra Bangsawan, Kalianda
Telepon:  +62-727-322206

Kuliner di Sekitar Air Terjun Way Kalam

Di kawasan Wisata Alam Air Terjun, belum tersedia restoran atau warung makan,  Pengelola hanya menyediakan  warung atau kedai kecil yang menjual makanan ringan, tapi kedepan Pengelola terus berupaya meningkatkan servis kepada Wisatawan.
Jadi sangat dianjurkan agar Anda menyiapkan makanan sendiri dan keperluan lainnya sebelum keberangkatan Anda ke lokasi. Logistik dapat dikumpulkan di Kalianda atau dapat membelinya di kedai-kedai yang ada di Desa Way Kalam.
Sumber : http://pokdarwis-wayterjun.blogspot.com/2015/07/pesona-air-terjun-way-kalam.html