Taufik Basari Beri Penjelasan Ideologi Pancasila dan Empat Pilar Kebangsaan ke Masyarakat Lamsel


Lampung Selatan (LW): Pancasila sebagai salah satu dari Empat Pilar karena merupakan asas ideologi negara Indonesia yang menjadi pondasi utama dalam pembentukan negara. Empat pilar adalah asas-asas yang berfungsi sebagai pijakan dalam menyelenggarakan negara berdasarkan ideologi negara Indonesia.

Hal ini ditegaskan Ketua Fraksi NasDem MPR RI Taufik Basari saat melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pekon Sidoreno, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan, 14 Juni 2023.

Empat pilar kebangsaan terdiri dari Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya; Undang-Undang Dasar 1945: merupakan konstitusi tertulis yang menjadi hukum dasar negara Indonesia; Bhineka Tunggal Ika: Semboyan yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” dan menggarisbawahi keragaman budaya dan agama di Indonesia dalam persatuan dan kesatuan; Negara Kesatuan Republik Indonesia: mengandung prinsip bahwa Indonesia adalah negara yang Bersatu dalam satu kesatuan wilayah, dengan pemerintahan yang sentralistik.

“Pancasila menjadi bagian integral dari Empat Pilar karena sebagai dasar negara, ia memberikan arah nilai dan prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh warga negara Indonesia serta menjadi panduan bagi pembuatan Undang-Undang dan kebijakan negara,” jelas Taufik.

Pancasila juga, menurut Taufik dapat dijadikan salah satu nilai-nilai Empat Pilar karena faktor-faktor berikut yakni dasar Ideologi Negara: Pancasila merupakan Ideologi dasar negara Indonesia. Sebagai landasan ideologis, dijelaskannya Pancasila menyediakan panduan nilai dan prinsip yang menjadi dasar pembentukan hukum, kebijakan, dan lembaga negara.

Selain itu, dijelaskannya Pancasila telah diakui dan diterima oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai Ideologi negara. Hal ini mencerminkan pentingnya peran Pancasila sebagai nilai-nilai yang bersifat inklusif dan menggambarkan kesatuan dalam keberagaman.

“Pancasila mendasari asas Bhineka Tunggal Ika. Pancasila juga merupakan salah satu dari Empat Pilar yang menjadi pondasi dalam sistem negara Indonesia. Bersama dengan UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI, Pancasila membentuk struktur ideologis dan konstitusional negara,” urainya.

Taufik menambahkan, Pancasila telah disepakati oleh para pendiri bangsa Indonesia sebagai rumusan ideologi dan nilai-nilai yang menjadi pegangan bersama dalam menyelenggarakan negara.

“Dengan demikian, Pancasila menjadi salah satu nilai-nilai dari Empat Pilar dan menjadi landasan kuat dalam menjaga persatuan, keberagaman, dan identitas nasional Indonesia,” pungkasnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *