150 Sekolah di Lampung Gagal Ikuti SNMPTN

Lampungway.com. 150 Sekolah di Lampung Gagal Ikuti SNMPTN. Proses Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ditutup pada hari ini, Selasa, 7 Januari 2020 pukul 22.00 WIB.

Sebanyak 150 sekolah yang ada di Lampung dipastikan tidak dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Menurut Humas PMB Unila Komarudin menyampaikan, tak ada perpanjangan waktu. Bagi sekolah yang belum mendaftar atau simpan permanen tidak bisa daftar SNMPTN.

Dia menjelaskan akun tersebut berguna untuk keperluan masuk perguruan tinggi. Baik jalur SBMPTN maupun SNMPTN.

“Akun digunakan untuk siswa mendaftar ke perguruan tinggi khususnya jalur undangan, jika tidak ada akun tidak bisa daftar,” jelas Komar.

Hingga saat ini, terdapat 150 sekolah yang belum simpan permanen data pada akun LTMPT. Hal itu membuat siswa di sekolah tersebut tidak bisa mendaftar PTN.

Ia juga menyampaikan, hingga kini belum ada pemberitahuan untuk perpanjangan waktu. Pihaknya belum bisa menentukan terkait hal itu.

“Itu (perpanjangan) pusat yang menentukan, kita ikut saja,” ujarnya.

Ketua MKKS SMA Lampung mengatakan setiap daerah memiliki kondisi yang berbeda. Sehingga ada yang terkendala jaringan hingga gangguan server.

“Saya tidak tahu persisnya berapa jumlah sekolah yang belum terdaftar. Tapi banyak kendala selama proses penginputan data,” kata Kepala SMAN 9 Bandar Lampung itu.

Terkait hal itu, pihaknya berharap ada perpanjangan waktu soal pendaftaran LTMPT bagi sekolah. Hal itu agar siswa mendapatkan haknya untuk mendaftar PTN.

“Setiap orang itu kan punya hak yang sama, jadi menurut kita harus ada perpanjangan waktu,” kata dia.

Sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdukbud) Lampung belum memberikan komentar. Kepala Disdikbud Lampung tidak menjawab telepon hingga berita ini diturunkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *