Agus Istiqlal Dukung Advokasi RUU PKS Melalui Jalur Kurikulum Pendidikan Sekolah dan Pemberdayaan UMKM

Pesisir Barat (LW): Partai NasDem melalui Departemen Perempuan dan Anak yang diketuai Vony Reyneta, SH didampingi Sekretaris DPD Garnita Malahayati NasDem Pesisir Barat, Elly Darmawanti dan pegiat ekonomi kreatif, pelaku start up Lampung, M. Firdaus Rejive Dewangga menyambangi kediaman Bupati Pesisir Barat, DR. drs.Agus Istiqlal, SH.,MH (8/7).

Kedatangan Vony cs disambut hangat Agus Istiqlal yang didampingi Dinas Pemberdayan Perempuan dan Anak, Dinas Kesbangpol Kabupaten Pesisir barat.

Dalam pertemuan tersebut, Vony Reyneta, SH menyampaikan dua point penting, pertama adalah kaitan dengan isu advokasi RUU Penghapusan Kekerasan Seksual di wilayah kabupaten Pesisir Barat.

Menurut Vony, dengan menyadari latar belakang Agus Istiqlal yang pernah berkecimpung dalam dunia aparat penegak hukum yakni lembaga Kejaksaan, menjadi sebuah kekuatan positif dalam melakukan kerja sosisalisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak secara khusus RUU Penghapusan kekerasan Seksual.

“Respon Bapak Bupati sangat positif, bahkan beliaupun mengusulkan kerja advokasi ini, selain mengupayakan agar RUU PKS ini segera disahkan juga harus memperhatikan unsur pencegahan melalui jalur pendidikan yakni penyediaan mata kurikulum dari pendidikan dasar,” jelas Vony.

Vony menjelaskan, pendidikan adalah salah satu jalan menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Dan sebagai tindak konkret lanjutan audiensi ini, tambah dia, Bupati Pesisir Barat akan menginisiasi kegiatan sosialisasi RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dimana Bapak Bupati sebagai salah satu narasumber dudampingi oleh pihak akademisi.

Sedangkan, point kedua yang disampaikan dalam audiensi adalah Program pemberdayaan ekonomi perempuan melalui UMKM dan sektor Pariwisata. Situasi Pandemi Covid 19 sebagaimana kita ketahui cukup “menghantam” ekonomi keluarga demikian juga perempuan, sehingga diperlukan program-program penguat sebagai stimulus agar pelaku ekonomi sektor UMKM bertahan dan “naik kelas”.

“Dengan juga memanfaatkan sektor pariwisata Pesisir Barat yang diakui menjadi daya tarik utama diharapkan menjadi paduan yang komplit sebagai wadah program ekonomi kreatif. Untuk Program ini sudah dijelaskan secara lengkap oleh M.Firdaus Rejive Dewangga yang memiliki banyak pengalaman dalam dunia ekonomi kreatif UMKM,” beber dia.

“Kedua poin ini disambut positif oleh Bupati Pesibar Agus Istiqlal yang kedepannya akan segera menginventarisasi kebutuhan-kebutuhan lokal yang berkaitan dengan kedua sektor tersebut,” tambahnya. (LW)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *