Tamanuri: Sosialisasi Empat Pilar MPR RI untuk Memperkuat NKRI

Lampung Utara (LW): Anggota DPR/MPR RI, Drs. H. Tamanuri, MM hadir di aula Desa Kota Agung, Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara dalam rangka kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI Untuk Memperkuat NKRI, Rabu (22/02).

Hadir dalam kegiatan Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi NasDem Mardiana, ST, MT, Kepala Desa Kota Agung Hendri Kalnopi, SE dan beberapa Kepala Desa yang ada di kecamatan tersebut.

Tamanuri dalam sambutannya menyampaikan Kebhinekaan merupakan sebuah potensi yang luar biasa untuk berkembang sebagai bangsa. Kita menjadi terbiasa untuk hidup berdampingan dan terbiasa dengan perbedaan. “Ada empat hal yang menjadikan kita menjadikan Indonesia sebagai rumah besar, tempat bernaung dan berteduh serta besar bertumbuh. Keempat hal tersebut yakni satunya ideologi, satunya semboyan, satu negara dan satu konstitusi : Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945,” ungkapnya.

Politisi Partai NasDem tersebut sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, selain menjadi sarana menguatkan rasa kebangsaan kita, juga sekaligus momen untuk menjadi pengingat kita untuk selalu mewaspadai setiap upaya yang memecah belah, mengadu domba, membuat kita bersikap intoleran dalam keberagaman.

Tamanuri menyampaikan bahwa karakter pokok kebangsaan Indonesia yaitu Religius, Mandiri, Tidak kenal menyerah, Bersatu, dan toleransi. “Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah anugerah yang mesti di urus dengan benar. NKRI adalah persoalan mewujudkan pemerataan kesejahteraan. NKRI adalah Gesostrategi yang mengaitkan ekonomi, geografi, dan strategi”, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, Indonesia sebagai negara kesatuan terbentuk dari unsur satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Indonesia merupakan negara yang beragam mulai dari Suku, agama, etnis, budaya termasuk negara yang majemuk. “Sebagai negara yang beragam, tentu Indonesia rentan dengan perpecahan. Persatuan dan kesatuan menjadi kunci bangsa Indonesia untuk menjaga keberagaman tersebut,” jelasnya.

Setelah penyampaian pemaparan, dilanjutkan dengan sesi interaktif tanya jawab kepada audiens sekaligus menyerap gagasan dan aspirasi dari masyarakat Sungkai Selatan yang hadir.
Kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan: Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI berlangsung sangat menarik. Ratusan masyarakat berbagai kalangan yang hadir sangat antusias menyimak paparan nara sumber. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *