Andika Wibawa Imbau Para Orangtua Jaga Pergaulan Anak dari Bahaya Narkoba

Bandarlampung (LW): Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung Andika Wibawa menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya di Tanjung Gading, Bandarlampung, Jumat (27/9).

Dalam penyampaiannya, Andika mengajak masyarakat setempat untuk menjadi garda terdepan dalam mendukung upaya pemberantasan narkoba di Provinsi Lampung, khususnya Kota Bandarlampung.

“Melalui sosialisasi ini, saya berharap masyarakat bisa lebih paham dan mengerti maksud dan tujuan Perda dibuat. Sehingga, bisa menjadi garda terdepan dalam memberantas peredaran narkoba di Provinsi Lampung, khususnya Kota Bandarlampung,” ujar Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gerindra ini.

Menurutnya, edukasi dan pemahaman tentang kewaspadaan terhadap bahaya dan pemberantasan peredaran narkotika, utamanya adalah peran serta masyarakat.

“Peredaran narkoba bukan hanya merambah ke orang tua saja, melainkan para pelajar baik lelaki maupun perempuan juga. Untuk itu, saya mengimbau kepada para orang tua untuk menjaga dan memantau pergaulan anaknya,” imbaunya.

Andika juga mengatakan, selain lingkungan rumah, pergaulan di luar rumah juga berperan besar dalam pembentukan karakter anak maupun remaja. Sebab, kebanyakan anak maupun remaja cenderung mengikuti apa yang teman-teman mereka lakukan. Hal itu karena mereka masih mencari jati diri dan memiliki kecenderungan untuk mencoba banyak hal baru.

“Jika sampai salah bergaul, anak dan remaja rentan sekali terjerumus ke dalam berbagai hal yang negatif. Salah satunya adalah narkoba,” ucapnya.

Tak hanya itu, Andika juga membeberkan dampak negatif narkotika di kalangan remaja, diantaranya mengkonsumsi narkoba saat masih muda bisa mengganggu proses perkembangan yang terjadi di otak. Sehingga, bisa mengarah untuk melakukan hal-hal yang berisiko dan berbahaya alias kriminal.

“Ini sangat beresiko. Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dapat mengakibatkan gangguan mental yang serius atau permanen. Bahkan sampai menyebabkan kehilangan nyawa. Untuk itu, saya tekankan stop dan jauhi Narkoba sejak dini,” tandasnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *