Budiman AS Edukasi Pentingnya Nilai-nilai Pancasila ke Masyarakat Jagabaya II

Bandarlampung (LW): Anggota DPRD Provinsi Lampung Budiman AS kembali turun ke dapil dalam rangka melaksanakan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kelurahan Jagabaya II, Wayhalim, Sabtu (26/10).

Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan warga setempat tersebut, Budiman AS menjelaskan bahwa pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membuat nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa perlahan mulai luntur di kalangan anak muda.

Selain itu, menurut Budiman, hal-hal yang bisa merusak keberadaan Pancasila dan persatuan yakni sikap intoleransi, mudah terprovokasi, ujaran kebencian sampai radikalisme.

Maka, dengan adanya sosialisasi ini dirinya berharap agar nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan kembali ke masing-masing diri kita, terutama para pemuda untuk terus bisa menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sementara, akademisi Universitas Lampung Budihardjo yang menjadi Narasumber di kegiatan tersebut mengajak masyarakat Jagabaya II untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, Pancasila merupakan dasar yang menjadi patokan untuk keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara di tengah arus globalisasi. Nilai-nilai Pancasila menjadi pemersatu bangsa Indonesia dan menjadikan generasi anak bangsa memiliki karakter yang baik.

“Untuk itu, sudah sewajibnya kita sebagai warga negara Indonesia untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila maupun empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *