by

Melihat Peluang Masa Depan Marketplace Umroh di Indonesia

Lampungway.com. Melihat Peluang Masa Depan Marketplace Umroh di Indonesia. Kemkominfo baru-baru ini telah mengajak dua startup unicorn populer yaitu Traveloka dan Tokopedia, untuk bisa memudahkan pembelian paket umrah dari para agen secara online.

Meski hal ini sempat terjadi polemik, tapi sesungguhnya keduanya tidak terjun langsung mengurusi kegiatan ini. Baik Tokopedia maupun Traveloka pasti akan melakukan berbagai koordinasi dengan Kemenag dan juga Kemkominfo.

Sinergi dan kompetisi Marketplace Umroh

Layanan dari marketplace umroh yang sudah hadir di Indonesia, salah satunya Umroh.com sangat menyambut baik masuknya Tokopedia dan Traveloka ke ranah bisnis yang sudah dijalankan ini. Meskipun demikian, memang ada beberapa hal yang sangat diharapkan menjadi perhatian untuk persaingan dan juga kolaborasi ke depannya.

Di era milenial sekarang ini memang tidak bisa lepas dari yang namanya perkembangan digitalisasi, begitupun pula industri umroh nantinya, maka mau tidak mau semua harus bisa untuk saling bersinergi. Tapi perlu Anda ingat, memang tidak akan mudah untuk mengadaptasi industri yang sudah besar pasarnya dan para pelakunya ke dalam industri digital seperti umroh. Butuh berbagai kebijakan yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Marketplace Umroh ini bisa memposisikan diri sebagai sebuah mitra para travel agent yang telah tergabung dalam PPIU. Jika layanan tersebut telah menyajikan produk milik sendiri, maka kecil kemungkinannya untuk bisa meluncurkan berbagai layanan secara independen. Marketplace ini bisa memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi online. 

Pasar offline yang selama ini telah jamak akan dilakukan para travel agent seperti umroh.com tetap juga berjalan seperti biasa. Apa pun bentuk dari layanan yang nantinya akan dihadirkan Tokopedia dan Traveloka, maka umroh.com akan tetap menyambut terhadap segala macam inisiasi. Tujuannya itu membuat umroh akan semakin bisa diakses oleh banyak orang dengan aman, nyaman, dan juga tetap mengedepankan semangat kolaborasi.

Tantangan Marketplace Umroh

Masih sulitnya untuk menjalankan bisnis umroh ini menjadi salah satu alasan kalau marketplace online ini belum saatnya untuk bersaing dengan pemain lainnya. Travel agent konvensional ini masih bisa bertahan dari gempuran OTA, hal tersebut karena banyak dipaketkan melalui wholesale (grosiran) yang berharga rendah karena mempunyai jatah kamar yang akan selalu dialokasikan selama setahun.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh marketplace umroh yaitu menumbuhkan berbagai kepercayaan yang ada di kalangan masyarakat. Menghadirkan berbagai paket ibadah yang bervariasi dengan harga yang terjangkau. Mengingat dana yang akan digunakan untuk beribadah itu tidak kecil, maka membangun kepercayaan merupakan tantangan paling berat dan juga paling penting.

Kegiatan pemasaran juga sangat wajib untuk diperhatikan. Tren marketing dewasa ini telah mengalami masa transisi ke marketing kreatif. Dengan menggunakan sumber daya yang relatif terbatas dengan cara pemasaran yang tepat, maka untuk exposure yang masif bisa untuk didapat. Sehingga touch point terhadap para pelanggan akan makin meningkat.

Makin dewasanya para konsumen dalam hal adopsi teknologi maka cukup untuk membantu pemain marketplace ini menawarkan layanan mereka. Supaya unggul, maka salah satu penawaran yang bisa dilancarkan yaitu memberikan opsi produk yang sangat bervariasi.

Melihat perkembangan pada saat ini pemahaman dan kepercayaan masyarakat mulai semakin tinggi jumlahnya mengenai pembelian paket umroh melalui marketplace umroh. Kalau dilihat mengenai kemungkinan, bisa akan mencapai sekitar 20% transaksi melalui marketplace dalam waktu tiga tahun ke depan.

Apabila Anda juga berminat untuk bisa berangkat umroh maka bisa langsung ke link ini untuk mengetahui berbagai pilihan paketnya https://umroh.com/paket/kota/surabaya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed