Cara Menggunakan Masker Dengan Tepat, Baik dan Benar

Lampungway.com – Untuk saat ini penting untuk kita mengetahui bagaimana cara menggunakan masker dengan tepat, baik dan benar.

Sebab, sejak pekan pertama April 2020, imbauan menggunakan masker disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan Pemerintah Indonesia.

Ini adalah upaya mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19; Sebab, seorang pejabat senior WHO mengatakan ada beberapa kemungkinan penularan virus melalui udara.

Bahkan kemungkinan tersebut disebut telah menginfeksi lebih dari 1 juta orang dan telah membunuh hampir 50 ribu orang di seluruh dunia sejak wabah ini muncul Desember 2019 lalu di China.

Namun, masker ini digunakan untuk menghindari dari orang sakit dengan gejala batuk dan bersin, yang juga mencemari permukaan atau orang lain.

Di Indonesia, penggunaan masker diimbau untuk seluruh masyarakat yang terpaksa harus berkegiatan di luar rumah. Senin (6/4/2020) lalu, Presiden Joko Widodo sudah dengan tegas menyatakan bahwa telah disampaikan WHO, sekarang semua yang keluar rumah harus menggunakan masker.

Jika waktu itu, masker hanya digunakan untuk tenaga kesehatan, orang yang merawat orang sakit dan orang sakit. Kini sudah sangat dianjurkan untukĀ  orang sehat yang keluar rumah pun harus menggunakan masker.

Namun memang ada kategori masker yang bisa digunakan oleh masyarakat yang sehat. Orang yang sehat hanya disarankan menggunakan masker kain.

Sementara untuk penggunaan masker medis digunakan orang sakit dan orang yang merawat orang sakit. Lalu bagaimana cara menggunakan masker dengan tepat, baik dan benar?

Berikut lampungway.com kutip dari sumber laman Covid19.go.id.

Cara Menggunakan Masker

Cara menggunakan masker tidak boleh asal, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar terjamin kesehatan dan dalam situasi pendemik Covid-19 ini tidak terinfeksi.

Adapun panduan atau tata cara menggunakan masker yang baik dan benar, serta penggunaan yang tepat yang bisa kita ikuti:

  1. Sebelum menggunakan atau memasang masker, kita dianjurkan untuk terlebih dahulu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir (minimal cuci tangan ini dilakukan selama 20 detik). Jika tidak tersedia air dan sabun, maka bisa menggunakan cairan pembersih tangan dengan kadar alkohol minimal 60%.
  2. Menggunakan masker harus menutupi hidung, mulut hingga dagu. Pada tahapan ini juga penting untuk memastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  3. Selama penggunaan masker, jangan buka tutup masker dan jangan menyentuh masker. Jika tersentuh, cucilah tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun dan minimal 20 detik. Jika tidak ada air dan sabun bisa menggunakan minimal 60% kadar alkohol cairan pembersih tangan.
  4. Tahapan selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengganti masker yang basah atau lembab dengan masker yang baru. Masker medis hanya boleh digunakan untuk satu kali pemakaian. Sementara, masker kain bisa digunakan berulang kali.
  5. Terakhit untuk membuka masker juga harus dilakukan secara baik dan benar. Berikut caranya
    • Lepas masker dari belakang.
    • Jangan sentuh bagian depan masker.
    • Untuk masker yang hanya boleh digunakan satu kali pemakaian buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik.
    • Untuk masker kain, jangan lupa untuk segera dicuci dengan detergen dan menggunakan masker baruĀ  jika masih berada diluar atau masih melakukan aktifitas dengan mengikuti poin pertama.

Itulah beberapa poin yang bisa kita coba untuk pahami tentang bagaimana cara menggunakan masker dengan tepat, baik dan benar selama wabah Covid-19 atau virus corona ini masih ada, dan bahkan bisa digunakan kapanpun dalam situasi apapun agar terhindar dari segala bentuk jenis penyakit yang menjangkit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *