Pelayanan Dinilai Bobrok, Dewan Minta Dinkes Evaluasi Puskesmas Pasir Sakti

Lampung Timur (LW): Anggota Komisi V DPRD Lampung Budhi Condrowati meminta dinas kesehatan Lampung Timur untuk mengevaluasi UPTD Puskesmas Pasir Sakti, Lampung Timur yang dinilai bobrok dan lamban soal pelayanan.

Hal itu diutarakannya paska terjadinya kecelakaan yang menimpa Made Suchitra Devi, siswi SMA asal Lampung Timur, Senin 6 Desember lalu. Paska terjadinya kecelakaan, Citra (sapaan karib Made Suchitra Devi) langsung dibawa ke Puskesmas Pasir Sakti untuk dilakukan pertolongan pertama.

Namun, karena kondisinya cukup parah, Citra dilarikan ke RS Imanuel, Bandarlampung. Ironisnya, pada saat itu tidak ada seorangpun supir ambulan Puskesmas Pasir Sakti yang stand by. “Akhirnya dengan minta bantuan Kecamatan dan aparat kepolisian sekitar untuk mengendarai mobil ambulan tersebut, Citra dibawa ke RS Imanuel,” jelas Budhi Condrowati.

Namun nyawa citra tak tertolong. Pihak keluarga akhirnya membawa jasad Citra ke Tulangbawang untuk dikremasi. “Pada saat itu, aparat yang mengendarai ambulan sudah kembali ke Lampung Timur, dan akhirnya orang tua Citra sendiri yang membawa jasad anaknya ke Tulangbawang mengendarai ambulan tadi,” ceritanya.

Atas kejadian itu, Budhi Condrowati sangat menyayangkan pelayanan di UPTD Puskesmas Pasir Sakti, karena tidak ada seorangpun supir ambulan yang stand by (siaga).

“Sesuai SOP, harusnya supir ambulans stand by di Puskesmas. Ini tidak ada satu orang pun. Kita sangat sayangkan,” tegasnya.

Untuk itu, dirinya sekali menegaskan agar Dinas Kesehatan Lampung Timur untuk mengevaluasi UPTD Puskesmas Pasir Sakti agar hal ini tidak terjadi lagi. “Ini menyangkut nyawa orang. Saya minta ini dievaluasi,” pungkasnya. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *