Taufik Basari: Pancasila Sudah Final, ‘No Debat!’

Pringsewu (LW): Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Penetapan Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan keputusan yang sudah final dan tidak bisa diganggu gugat.

Hal ini ditegaskan Anggota DPR RI Dapil Lampung Taufik Basari saat melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Desa Bawang, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu (3/8).

“Artinya, jika di kemudian hari, ada sejumlah golongan yang ingin mengusik dan merongrong Pancasila sebagai ideologi bangsa, maka sama saja dengan mencoba untuk mengganti dasar negara,” ucap Taufik.

Pun menurut Taufik, jika ada golongan yang mengusik Pancasila sama saja mengusik bangsa Indonesia. “Pancasila ini harus kita jaga dan kita rawat agar keberadaannya tetap terjaga dengan baik. Nilai – nilai luhur yang terpatri di dalam Pancasila mestinya senantiasa kita terjemahkan dan kita amalkan dalam kehidupan sehari – hari,” tegasnya.

Menurutnya, pandangan beberapa golongan yang ingin mengusik Pancasila sebagai dasar negara tentu tidak benar sekali. “Mereka sejatinya tidak paham dengan Pancasila secara menyeluruh dan kita sebagai generasi penerus bangsa hukumnya wajib menjaga dan merawat Pancasila,” tegasnya lagi.

“Golongan yang ingin mengusik ideologi Pancasila tersebut harus kita sikapi dengan tegas. Jangan sekali-kali mencoba mengusik dan mengganggu Pancasila sebagai ideologi bangsa, sebagai pandangan hidup bangsa, dan juga sebagai dasar falsafah kehidupan dalam kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Upaya membentengi dari paham radikalisme ini diantaranya pertama pemantapan mengenai ideologi pancasila, bagaimana kita memahami sila-sila yang ada di dalamnya yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan pemantapan ini, semoga dapat membentengi paham-paham yang tidak sesuai dengan Pancasila. Semua elemen masyarakat patut mawas diri dan waspada terhadap radikalisme. “Harapan kami yang menghadiri kegiatan hari ini dapat menjadi training of trainer yang diharapkan dapat meneruskan informasi maupun ilmu yang didapat dari pertemuan ini kepada orang lain,” ucap Taufik. (LW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *