Berita Lampung Terkini
Berita  

Inilah Manfaat Hutan Mangrove Untuk Kehidupan

Lampungway.com. Inilah Manfaat Hutan Mangrove Untuk Kehidupan. Hutan Mangrove atau tanaman Mangrove ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kehidupan manusia, dan ekosistem laut.

Laboratorium Mangrove Lampung
Laboratorium Mangrove Lampung

Mangrove tidak hanya berguna untuk meredam gelombang tsunami, mangrove terbukti memberikan manfaat kepada 210 juta orang yang tinggal di daerah elevasi rendah dalam radius 10 kilometer dari bibir pantai di seluruh dunia.
Hal tersebut, merupakan hasil studi terbaru lembaga Wetlands International bersama The Nature Conservancy dan University of Cambridge yang dikutip dari laman situs mereka.
Penelitian itu menyimpulkan bahwa konservasi bakau dan restorasi di daerah yang dekat dengan populasi warga akan memberikan timbal balik berupa peningkatan hasil perikanan. Sayangnya, penduduk pesisir sering kali tidak menyadari bahwa mangrove berperan vital, terutama bagi perikanan lepas pantai.
Ekosistem mangrove menyediakan lokasi spesifik bagi organisme tertentu untuk berkembang biak. Kepiting, udang, mullet, ikan hering, ikan teri, ikan kakap, dan ikan kerapu merupakan beberapa spesies yang bergantung pada mangrove untuk hidup.
Hal tersebut menambah nilai perikanan di kawasan mangrove yang ditentukan oleh jumlah organisme yang dihasilkan dan berapa banyak hasil laut yang kemudian ditangkap oleh penduduk pesisir.
Hasil studi tersebut menyimpulkan bahwa populasi tertinggi ikan yang bergantung pada mangrove yang ditemukan di lokasi dengan biomassa tertinggi. Sebab, daun dan kayu dari mangrove merupakan bagian penting dari rantai makanan di laut. Produktivitas ikan juga lebih tinggi di lokasi mangrove, yang memperoleh pasokan air tawar lebih banyak daripada yang bisa disediakan sungai dan air terjun di hulu.
Mangrove merupakan tempat pembibitan yang sempurna bagi banyak spesies karena menyediakan makanan dan tempat tinggal. Akar napasnya yang lebat menjalar sebagai tempat tumbuh tiram. Akar juga memerangkap sedimen dan menciptakan lapisan tanah lunak yang ideal untuk digali oleh hewan moluska dan krustasea. Yang tak kalah penting, akar mangrove ibarat benteng yang memberikan perlindungan terhadap serangan predator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *