HOT News

Service Rutin Motor Suzuki

Catat, Begini Tahap Perawatan Motor Suzuki yang Benar

Catat, Begini Tahap Perawatan Motor Suzuki yang Benar. Suzuki mengeluarkan berbagai produk motor lengkap dengan penyediaan perawatan pada bengkel resminya.

Pada umumnya, terdapat berbagai tahap perawatan yang dibutuhkan oleh motor. Tahap-tahap perawatan motor Suzuki yang benar dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

Periksa Oli Mesin

Periksa Oli Mesin Motor Suzuki
Periksa Oli Mesin Motor Suzuki

Sepeda motor yang nyaman digunakan tidak lepas dari peran pelumas yang melumasi bagian mesin kendaraan. Pelumas berupa oli mesin ini berfungsi untuk meminimalisir terjadinya gesekan pada komponen-komponen mesin yang dapat merusak atau membuatnya aus.

Apabila komponen mesin sepeda motor aus atau rusak tentu akan mempengaruhi performa kendaraan sehingga tidak nyaman digunakan. Oleh karena itu, pemeriksaan oli mesin secara berkala penting untuk dilakukan demi menjaga performa mesin kendaraan.

Anda dapat memeriksa kondisi pelumas atau oli mesin setiap sebelum bepergian. Pastikan oli pada mesin cukup untuk melumasi seluruh komponennya sehingga performa kendaraan tetap terjaga dan kegiatan berkendara Anda juga lebih menyenangkan serta tidak khawatir mogok.

Periksa Baterai Aki

Periksa Baterai Aki
Periksa Baterai Aki

Selain komponen mesin, sistem kelistrikan juga tidak kalah penting bagi kendaraan bermotor, utamanya yang menggunakan sistem injeksi. Sistem kelistrikan berperan untuk mengalirkan listrik pada mesin, sehingga kendaraan bermotor dapat melaju secara optimal.

Pada sistem kelistrikan, baterai memiliki peran penting sebagai pengontrol berbagai komponen kelistrikan. Baterai bekerja dengan mengontrol bahan bakar, pengapian, dan komponen lain yang berhubungan dengan laju kendaraan.

Pemeriksaan baterai secara rutin akan menghindarkan dari masalah-masalah kelistrikan yang dapat membuat motor mogok. Tidak hanya memeriksanya saja, namun usahakan untuk tidak menggunakan atau menambah aksesoris pada kendaraan yang dapat mengganggu kinerja baterai.

Periksa Ban

Periksa Ban Motor Suzuki
Periksa Ban Motor Suzuki

Ban sangat berkaitan dengan kemampuan menyangga massa kendaraan sehingga dapat melaju dengan baik. Kemampuan ini dipengaruhi oleh tekanan angin pada ban yang banyak sedikitnya memberi efek pada kenyamanan berkendara.

Apabila tekanan angin pada ban terlalu rendah, maka akan menyebabkan kerusakan pada ban karena kurangnya kekuatan untuk menyangga beban di atasnya. Hal ini juga berakibat pada pengendalian kendaraan yang terasa lebih berat.

Sedangkan jika tekanan angin terlalu tinggi, komponen kemudi akan cepat mengalami kerusakan. Selain itu, ban juga akan terasa keras sehingga berpengaruh pada kurangnya kenyamanan berkendara yang dirasakan oleh pengemudi.

Pemeriksaan ban ini dapat Anda lakukan sendiri setiap akan bepergian. Pastikan tekanan angin pada ban motor Anda cukup sehingga nyaman dan aman digunakan untuk berkendara. Pastikan pula ban motor Anda masih layak atau belum aus sehingga laju kendaraan Anda lebih aman.

Service Rutin

Service Rutin Motor Suzuki
Service Rutin Motor Suzuki

Setelah melakukan perawatan rutin harian pada kendaraan Anda, servis kendaraan lengkap di bengkel resmi juga sangat dianjurkan. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap mencapai jarak tempuh tertentu atau sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Pada servis rutin di bengkel resmi, secara keseluruhan motor akan menerima berbagai tahap servis mulai dari pemeriksaan dan penggantian oli mesin, pembersihan dan penyetelan karburator, penyetelan celah klep, dan pembersihan atau penggantian celah busi.

Selain itu, saluran udara pada motor juga akan dibersihkan. Jarak main bebas kopling dan jarak bebas rem tromol akan diperiksa dan disetel ulang bila perlu. Aki, tekanan angin ban, suspensi, rantai roda, sistem kelistrikan akan diperiksa dan disetel ulang atau diganti bila perlu.

Putaran gas tangan dan pergerakan bebas stang kemudi akan diperiksa dan disetel ulang. Saluran bahan bakar dan saringan oli dibersihkan pada servis rutin. Kemudian, air radiator juga akan diperiksa dan diganti bila perlu.

Setelah itu, setiap baut akan diperiksa dan dikencangkan kembali. Pada motor dua tak, servis rutin juga akan mengontrol dan menambah oli samping. Tahap terakhir pada servis rutin di bengkel resmi Suzuki dilakukan dengan menyetel switch rem.

Pilihan dan Penggantian Spareparts

Memilih suku cadang yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan juga merupakan salah satu tahap perawatan kendaraan yang penting. Penggantian komponen dengan suku cadang yang asli sangat dianjurkan agar performa motor tetap prima.

Komponen seperti busi, saluran udara, oli, drive belt, dan lain sebagainya hendaknya diganti secara berkala. Penggantian ini dilakukan sesuai dengan jadwal servis rutin sesuai dengan kebutuhan motor agar tidak mengganggu fungsi dari komponen lain yang terhubung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *