Berita Lampung Terkini

Untuk Pemanfaatan Energi Gas Bumi, PGN-PHRI Jalin Kerjasama

Lampungway.com. Untuk Pemanfaatan Energi Gas Bumi, PGN-PHRI Jalin Kerjasama. PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang Kerja Sama Pemanfaatan Gas Bumi dan Penyediaan Information and Communication Technology.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani dengan disaksikan oleh Direktur Utama PGN, manajemen PGN dan perwakilan PHRI di Hotel  Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (7/8).

Syahrial Mukhtar selaku Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN mengatakan, “sesuai MoU dalam jangka waktu setahun kedepan akan dijalankan aktivitas agar pemanfaatan gas bumi bagi para anggota PHRI dapat terwujud”

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi, PGN memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi baik gas bumi di dalam negeri. Kami berharap kerja sama PGN dengan PHRI dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua belah pihak,” ujar Syahrial.

Masih menurut Syahrial, ruang lingkup kerjasama sinergi pengembangan bisnis dengan PHRI ini meliputi penyediaan dan pemanfaatan gas bumi dan Information and Communication Technology (ICT) untuk hotel dan restoran, serta bentuk kerja sama potensial lainnya yang dapat dilakukan oleh seluruh pihak untuk pengembangan dan pertumbuhan sektor-sektor penting industri pariwisata di Indonesia.

Syahrial menambahkan, PGN sesungguhnya telah memasok kebutuhan gas bumi di sejumlah hotel dan restoran di berbagai wilayah. Namun,  kerjasama dengan PHRI baru sekarang dilaksanakan dan PGN berharap semakin banyak hotel dan restoran yang dapat memanfaatkan energi baik gas bumi yang terbukti lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

“Sebagai subholding gas, PGN akan terus mengambil inisiatif untuk memperluas pemanfaatan gas melalui pembangunan infrastruktur di berbagai segmen pasar termasuk komersial. PGN harus bisa memberikan layanan optimal untuk sektor ini. Sektor perhotelan dan restoran dapat ikut berperan memperkuat ketahanan energi melalui diversifikasi sumber energi. Kerjasama ini akan membuka peluang-peluang baru untuk pemanfaatan gas bumi domestik,” tambah Gigih Prakoso, Direktur Utama PGN.

Hingga periode Juni 2019, sebanyak 370 hotel dan restoran telah dilayani energi baik gas bumi PGN di beberapa lokasi, antara lain di Jabodetabek, Cirebon, Medan Palembang, Lampung, Surabaya, Sidoardjo dan Batam.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI, Hariyadi BS Sukamdani berharap kerja sama ini  dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi setiap hotel dan restoran di Indonesia. Melalui pemanfaatan gas bumi, selain lebih efisien, para pelaku usaha juga dapat membantu pemerintah mengurangi ketergantungan pada energi impor.

“Banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan PGN untuk layanan selain gas bumi termasuk ICT dan produk layanan lainnya. Energi menjadi concern bersama anggota PHRI. Dengan solusi moda transportasi gas bumi selain pipa, akan memudahkan anggota PHRI mengakses energi,” kata Hariyadi.

Hingga saat ini, sebanyak lebih kurang  44.000 hotel dan restoran tergabung dalam PHRI. Dari jumlah tersebut, 29.000   diantaranya merupakan hotel dan 15.000  restoran.

Menurutnya, jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan pembangunan hotel dan restoran di wilayah   Indonesia. Pada tahun ini, PHRI memperkirakan tambahan kamar mencapai 50.000 unit untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan mancanegara.

Kerjasama PGN dengan PHRI dalam bentuk kerja sama jual beli, kerja sama operasi (joint operation), perusahaan patungan (joint venture), atau bentuk-bentuk kerja sama lain yang disepakati para pihak dengan tetap memperhatikan perundang-undangan yang berlaku. 

Sumber : radarlampung.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *