by

Wisata Edukasi Botani: Kebun Raya Liwa Lampung

LampungWay.com – Wisata Edukasi Botani: Kebun Raya Liwa Lampung, Berkunjung ke Kebun Raya Liwa merupakan kegiatan wisata yang menyenangkan sekaligus bernilai edikatif positif bagi semua kalangan.

Dengan berbagai koleksi tanaman serta tumbuhan dan keindahan pemandangan yang diberikan masih asri ini bisa kita semua jadikan alasan untuk berwisata edukasi yang positif di Lampung.

Salah satu destinasi Kebun Raya Bogor nya Lampung semakin lengkap dengan sajian eksotisme senja yang menawan hati para pengunjungnya.

Kebun Raya Liwa (KRL) ini memiliki jarak 238,9 km dari Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh kisaran 6 jam perjalanan.

Untuk transportasi dari Bandar Lampung bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Untuk Transportasi umum dari Bandar Lampnug menuju lokasi ini ada bus dan juga travel.

Untuk tarif bus sendiri tidak  begitu mahal karena kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.60.000 sedangkan untuk travel sekitar Rp.120.000 saja, terjangkau kan.

Jika dari Bandara Raden Intan, untuk bisa menuju lokasi ini bisa menaiki bus atau juga travel dengan rincian biaya yang tak jauh berbeda dengan keberangkatan dari Bandar Lampung.

Jika dari Pelabuhan Bakauheni Lampung, rute bisa ditempuh menggunakan bus dengan tujuan Liwa Lampung Barat. Namun jika tidak ada bus yang langsung ke Liwa dari Bakauheni, bisa juga menuju Terminal Rajabasa terlebih dahulu untuk kemudian mencari bus tujuan Liwa dari Terminal Rajabasa.

Transportasi menuju kebun raya ini sebenarnya relatif mudah dijuampai. Karena lokasinya berada di Kota Liwa sehingga banyak angkutan umum menuju lokasi kebun raya yang memiliki nilai edukasi dan pariwisata ini.

Kebun raya merupakan pusat pengetahuan botani, kawasan konservasi, kawasan pendidikan dan penelitian, dan sekaligus sebagai sarana rekreasi di alam terbuka.

Kebun Raya juga menjadi bank untuk melestarikan tumbuhan-tumbuhan asli daerah. Salah satu kebun raya yang terkenal di Indonesia adalah Kebun Raya Bogor.

Selama ini keberadan kebun raya lekat kaitannya dengan dunia penelitian dan juga konservasi terhadap tumbuhan. Namun seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa fungsi dari kawasan konservasi ini tak sekedar keduanya saja.

Potensi keindahan yang ada di kebun raya bisa dijadikan kekuatan untuk menarik pengunjung untuk datang. Dengan begitu akan ada perpaduan antara edukasi dan kegiatan wisata yang bisa memberikan manfaat ganda untuk wisatawan.

Kebun Raya Liwa yang beralamat Desa Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kota Liwa terlihat memadukan hal itu.

Kebun Raya Liwa ini telah diresmikan pada tahun 2017 lalu dan menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat sekitar Kota Liwa dan wilayah lainnya.

Didalam Kebun Raya Liwa yang dibangun atas diatas tanah seluas 86 hektare ini banyak terdapat banyak koleksi tumbuhan-tumbuhan, ya ada berbagai jenis tanaman hias di sana yang dapat kita jadikan inspirasi bonsai.

Beberapa jenis vegetasi seperti Pepasang (Quercus sp.), Cemara exelsa (Araucaria exelsa), Pinus (Pinus merkusii) tumbuh di kawasan ini.

Jumlah koleksi yang tertanam hingga Bulan Februari 2013 sebanyak 162 jenis, 894 spesimen dengan jumlah koleksi di pembibitan sebanyak 329 jenis, 7.361 spesimen.

Kolekesi tersebut diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan dan penelitian bagi masyarakat. akademisi, peneliti dan kalaangan lainnya. Wisatawan yang datang juga tak hanya disuguhi pemandangan saja, namun ada unsur pendidikan di dalamnya.

Di Kebun Raya liwa ini terdapat beberapa taman yakni Taman Araceae, Taman Wangi, Taman Indukan Tanaman Hias, Taman Buah, Taman Hias dan Taman Aren.

Taman-taman tersebut telah ditata dengan indah oleh pengelola sehingga membentuk pola yang indah. Jalan-jalan setapak di lokasi ini juga di cat dengan warna yang mencolok dan indah.

Kesan kekininan dan fotogenik nampak di Kebun Raya yang berada tak jauh dari pusat Kota Liwa. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan taman dan panorama cantik dari pemandangan hutan disekitarnya.

Sore hari pengunjung juga bisa menikmati senja dari lokasi ini. Berada di ketinggian 800-900 mdpl juga sering menjadikan lokasi ini diselimuti kabut.

Kabut tipis sering nampak diwaktu sore dan pagi hari. Kabut ini menciptakan pemdandangan yang apik di alam yang asri.

Untuk tiket masuk Kebun Raya Liwa ini gratis, pengunjung hanya akan dikenai biaya untuk parkir kendaraan. Fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, gazebo, kantin sudah tersedia disini.

Untuk fasilitas penginapan di dekat Kebun Raya Liwa jumlah cukup banyak. Beberapa penginapan tersebar di beberapa titik di Kota Liwa.

Kebun Raya Liwa Lampung Barat ini bisa dijadikan alternatif untuk berwisata sembari mengedukasi terkait tumbuhan. Pengunjung bisa mengajak kelauraga terutama anak-anak untuk semakin menambah pengetahuannya.

Demikianlah sedikit info yang bisa kita ketahui tentang Kebun Raya Liwa di Lampung Barat yang bagus untuk wisata edukasi anak-anak kita menjadi tambah pengetahuan engenai tanaman di lampung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *