by

Festival Teluk Semaka 2018 Berpusat di Air Terjun Way Lalaan Kota Agung Tanggamus

Lampungway.com. Festival Teluk Semaka 2018 Berpusat di Air Terjun Way Lalaan Kota Agung Tanggamus. Dinas Pariwisata Tanggamus bakal menggelar Festival Teluk Semaka 2018 pada 11-12 September 2018. Menurut Kadis Pariwisata Tanggamus Retno Noviana, kegiatan itu dipusatkan di Air Terjun Way Lalaan, Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur.

Tanggamus merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pesisir pantai, dan kaya akan sumber daya alam, termasuk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Tanggamus juga memiliki banyak potensi mulai dari wisata hingga kuliner salah satu andalan adalah Tanggamus penghasil kopi yang sangat nikmat.

“Kami adakan lagi Festival Semaka tahun ini untuk tumbuhkan lagi pariwisata. Sebab, sekarang ini banyak spot wisata baru di Tanggamus. Maka untuk memancingnya, harus ada agenda wisata,” ujar Retno, Selasa, 28 Agustus 2018.

Kain Tapis Lampung dan Batik Lampung di Festival Way Semaka 2018
Kain Tapis Lampung dan Batik Lampung di Festival Teluk Semaka 2018. Foto. Genpi

Agenda pertama yang digelar yakni Rute Wisata pada 11 September 2018. Rute Wisata dimulai dari Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, lalu ke Pantai Karang Bolong, di Pekon Tegineneng, Kecamatan Limau, dan berakhir di Way Lalaan. Kegiatan ini akan melibatkan 50 blogger atau penulis lepas yang aktif di dunia maya. Pada malam harinya ada Sarasehan Pariwisata di Pantai Muara Indah, Kota Agung.

Youtuber Lampung ikut Ramaikan Festival Teluk Semaka 2018
Blogger dan Youtuber Lampung ikut Ramaikan Festival Teluk Semaka 2018

Ini sebagai ajang diskusi guna menampung masukan demi kemajuan pariwisata. Kemudian puncak kegiatan diadakan pada 12 September 2018 di Way Lalaan. Agendanya berupa pentas seni, mulai dari tari kolosal dan dilanjutkan dengan pentas seni dari beberapa paguyuban.

Ada Pagelaran Kuda Lumping di Festival Teluk Semaka 2018
Ada Pagelaran Kuda Lumping di Festival Teluk Semaka 2018. Foto. Genpi

“Kami juga akan kenalkan dan kukuhkan ornamen belahketupat sebagai ornamen khas Tanggamus. Sebab, selama ini sejarahnya ornamen belahketupat memang dari pesisir,” terang Retno.

Nanti juga akan didirikan saung-saung untuk menyulap Way Lalaan menjadi kampung wisata. Desainnya adalah miniatur perkampungan wisata yang nanti diisi oleh pokdarwis-pokdarwis.

Warga yang menghadiri Festival Teluk Semaka 2018 bakal dimanjakan dengan aneka kuliner gratis. Tidak kurang dari 5.000 porsi kudapan berupa otak-otak disediakan secara gratis dalam acara yang digelar pada 12 September 2018 tersebut.

Menurut Kadis Pariwisata Tanggamus Retno Noviana, salah satu agenda Festival Teluk Semaka adalah lomba kuliner dengan bahan utama otak-otak. Peserta diajak untuk mengkreasikan otak-otak menjadi penganan olahan.

Baca :   Horeee Indihome Fiber Optic Minggu ini Masuk Jalur Pasar Pekalongan - Sang Hyang Seri

“Kami juga mengukuhkan otak-otak asal Tanggamus. Nanti ada julukan baru bagi Tanggamus, yakni Negeri Seribu Otak-otak. Untuk menguatkan itu, akan disediakan 5.000 otak-otak gratis. Siapa saja boleh makan,” jelas Retno, Selasa, 28 Agustus 2018. Ia berharap masyarakat dapat meramaikan Festival Teluk Semaka di Way Lalaan. Ia menjamin tidak ada biaya apa pun.

Selain lomba kuliner, ada pula lomba swafoto dan lomba menghias tampah bagi pelajar. Dinas Pariwisata Tanggamus bakal menggelar Festival Teluk Semaka 2018 pada 11-12 September 2018.

Aneka Ragam Kopiah Lampung di Festival Teluk Semaka 2018
Aneka Ragam Kopiah Lampung di Festival Teluk Semaka 2018. Foto. Genpi

Menurut Kadis Pariwisata Tanggamus Retno Noviana, kegiatan itu dipusatkan di Air Terjun Way Lalaan, Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur.

“Kami adakan lagi Festival Semaka tahun ini untuk tumbuhkan lagi pariwisata. Sebab, sekarang ini banyak spot wisata baru di Tanggamus. Maka untuk memancingnya, harus ada agenda wisata,” ujar Retno, Selasa, 28 Agustus 2018.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *