by

Istana Siapkan Upacara Pemakaman BJ Habibie, Pemerintah Nyatakan Berkabung Nasional 3 Hari

Lampungway.com. Istana Siapkan Upacara Pemakaman BJ Habibie, Pemerintah Nyatakan Berkabung Nasional 3 Hari. Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa jenazah Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie akan segera disemayamkan di rumah duka, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.


Istana Siapkan Upacara Pemakaman BJ Habibie

“Nantinya dari Rumah Sakit Gatot Subroto ini, (jenazah) akan dibawa ke rumah duka di Kuningan,” ujar Presiden Jokowi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2019). Rumah duka tepatnya berada di Jalan Patra Kuningan XIII Kav 5, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Diketahui, Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB. Hingga pukul 19.07 WIB, jenazah masih berada di rumah sakit. Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pihak Istana sudah berkoordinasi dengan Garnisun TNI untuk mengatur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut secara kemiliteran.

Meski demikian, Pratikno belum dapat memastikan kapan tepatnya upacara pemakaman militer itu bakal digelar. “Harap dimaklumi, karena keluarga masih dalam suasana sangat berduka. Malam ini akan ditentukan ya, upacara pemakaman besok pukul berapa,” ujar Pratikno di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Rabu malam.

Baca Juga :   BJ Habibie Wafat, Ini Penjelasan Lengkap Keluarga

Diberitakan, putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

“Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya, Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB,” ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie akan Dimakamkan di Samping Makam Ainun

Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Tepatnya di samping makam almarhum istrinya, Ainun Habibie.

“Kami koordinasikan ke Garnisun, slot makam di samping almarhum Ainun Habibie. Di slot 120 dan 121,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9/2019) malam.

Rencananya, Habibie akan dimakamkan menggunakan upacara militer. “Besok Insya Allah upacara dipimpin Bapak Presiden,” lanjut Pratikno.

Baca Juga :   BJ Habibie Wafat, Ini Penjelasan Lengkap Keluarga

Meski demikian, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait waktu pemakaman. Pemakaman akan dilakukan Kamis besok.

“Kami koordinasi dengan keluarga. Jam berapa (pemakaman) belum diputuskan. Ini suasana sangat berduka. Diharapkan malam ini diputuskan dimakamkan jam berapa,” kata dia.

BJ Habibie Wafat, Pemerintah Nyatakan Berkabung Nasional 3 Hari

Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat hari ini, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto. Pemerintah menyatakan berkabung nasional selama 3 hari, dimulai sejak hari ini hingga Sabtu (14/9/2019).

“Kami mengimbau masyarakat, juga kantor-kantor lembaga negara dan pemerintah baik di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga 14 September,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Rabu yang dilansir dari Kompas.com

Menurut Pratikno, pemerintah sedang berkoordinasi untuk prosesi pemakaman BJ Habibie yang direncanakan akan berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *