Berita Lampung Terkini

Inilah Definisi Akuntansi Berdasarkan Pengguna dan Proses Kegiatan

Lampungway.com. Inilah Definisi Akuntansi Berdasarkan Pengguna dan Proses Kegiatan. Benarkah pepatah tentang akuntansi, bahwa akuntansi akrab di telinga namun sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?

akrab ditelinga karena kata akuntansi sering kali kita dengar, sulit diterapkan karena memang tidak semua orang bisa mengelola transaksi keuangan menjadi laporan keuangan.

Akuntansi terkait dengan masalah perhitungan keuangan, dan seringkali akuntansi dianggap sebagai bahasa bisnis, dengan kata lain akuntansi menjadi bahasa yang digunakan antar pelaku bisnis untuk berkomunikasi mengenai sistem keuangan.

Akuntansi sangat penting dalam dunia bisnis, karena mampu sebagai patokan pengambilan keputusan, informasi akuntansi yang terdiri atas data transaksi bisnis ini dinyatakan dalam satuan mata uang.

Akuntansi memiliki beberapa definisi baik dari sudut pandang pengguna maupun dari sudut pandang proses kegiatan.

Definisi Akuntansi dari sudut pandang pengguna
Akuntansi merupakan satu disiplin ilmu yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan secara efisien dan digunakan untuk mengevaluasi kegiatan bisnis.

Definis Akuntansi dari sudut pandang proses kegiatan
Akuntansi merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan analisa data keuangan bisnis.

Sedangkan Definisi Akuntansi menurut American Accounting Association – AAA yaitu :

Akuntansi adalah proses untuk mengidentifikasi, mengukur dan mengkomunikasikan sebuah informasi ekonomi untuk mendapatkan berbagai keputusan yang tepat dari pengguna informasi.

Sebagian besar pengusaha atau pemilik bisnis sangat menyadari bahwa akuntansi merupakan aspek paling penting dalam pengelolaan bisnis, bahkan bukan sekedar mencatat berapa banyak uang yang dihabiskan atau dibelanjakan oleh bisnis.

Akuntansi adalah tentang mencatat kesehatan suatu bisnis, atau menjadi media rekomendasi sebuah akun pada saat tertentu tentang bagaimana bisnis itu dilakukan.

Dengan akuntansi bisnis yang memiliki masalah keuangan dan sebagian besar keberhasilan atau kesehatan mereka diukur dari apakah bisnis menghasilkan uang, melanggar atau kehilangan uang, pembukuan tidak diragukan lagi merupakan bagian besar dari pekerjaan seorang akuntan.

Seorang akuntan menyimpan seluruh catatan transaksi keuangan perusahaan secara akurat, namun mereka juga dapat menafsirkan data yang mereka catat agar bisnis tidak hanya mendapatkan gambaran akurat tentang kondisi bisnis mereka saat ini, namun juga membangun strategi untuk perbaikan.

Akuntansi juga diartikan sebagai suatu proses merangkum, menganalisis, dan melaporkan transaksi keuangan bisnis. Yang dimaksud dengan transaksi yaitu suatu persetujuan antara dua pihak, dimana salah satu pihak menjual barang atau jasa sedangkan pihak lain membeli barang atau jasa tersebut.

Sebuah transaksi bisnis harus bisa diukur nilainya dengan uang, atau dengan kata lain bisa dinyatakan dalam mata uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *