HOT News

Komputer Akuntansi Dengan Excel, Gak Kalah Hebat dengan Software Accounting

Lampungway.com. Komputer Akuntansi Dengan Excel, Gak Kalah Hebat dengan Software Accounting. Tahukah Anda, bahwa di Indonesia saat ini menggunakan Excel untuk mengolah data akuntansi bisa menjadi lebih banyak di gunakan ketimbang yang menggunakan Software Akuntansi.

Salah satu alasan utama adalah SDM (Sumber daya manusia) yang belum siap dalam merespon perkembangan software akuntansi alias bisa dikatakan belum terbiasa, dan perlu banyak belajar lagi.

Lalu, bagaimana bisa Microsoft Excel lebih banyak digunakan? meskipun tidak ada data yang mendukung pernyataan tersebut, namun dari segi fleksibilitas MS. Excel emang sangat fleksibel dan dapat diterima hampir di semua kalangan, mungkin karena sejak hadirnya windows dan MS office pasti satu paket menjadikan Excel lebih diterima sebagai alat pengolahan data akuntansi.

Dan jelas juga, bahwa sebuah perusahaan besar sekalipun tetap tidak meninggalkan Excel meski sudah menggunakan Software Akuntansi terintegrasi atau Sistem Informasi Akuntansi, karena terkadang kebutuhan akan setiap pelaporan yang dihasilkan Sistem Informasi Akuntansi kurang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dan, hal yang paling penting sebagai penyebab masih banyaknya tenaga akuntansi menggunakan excel karena hampir tidak membutuhkan biaya yang besar, tidak sebesar Sistem Informasi Akuntansi.

Menurut saya, sistem akuntansi jika masih bisa di akomodir dengan Excel, maka lebih baik menggunakan Excel jika memang biaya untuk pembuatan Sistem Informasi AKuntansi nya belum ada, karena pada dasarnya Komputerisasi Akuntansi tidak harus dengan program yang mahal, yang memerlukan waktu lama dalam pengujiannya.

Excel lebih praktis, meski memang kita sendiri yang harus membuat formula akuntansi nya, selain itu lebih hemat biaya dan lebih cepat namun tetap mengedepankan kehandalan dan efektifitas. Apalagi jika didukung dengan macro VB membuat Excel semakin powerfull untuk digunakan sebagai alat pengolahan data akuntansi.

Pentingnya Komputer Akuntansi dengan Excel

Proses akuntansi tentu saja diawali dengan pencatatan bukti transaksi dalam bentuk tabel dan jurnal, yang kemudian di olah dalam General Ledger atau kertas kerja untuk menghasilkan laporan neraca dan rugi laba.

Konsep komputer akuntansi dengan program aplikasi microsoft excel pada dasarnya adalah duplikatisasi proses pencatatan manual yang selama ini dilakukan, pemindahan semua transaksi dari pencatatan manual ke dalam excel untuk meminimalisir kesalahan perhitungan, karena dengan Excel semua perhitungan sesuai dengan perintah dan fungsinya akan menghasilkan keakuratan data.

Perancangan sistem akuntansi di Excel sama halnya dengan proses perancangan software akuntansi, kita sebagai user wajib memahami semua fungsi dan kerja dari bagian-bagian excel, dari semua tools dan rumus-rumus fungsi excel. Sehingga dengan mudah dan tepat kta bisa membuat jurnal  hingga membuat lembar kerja atau general ledger hingga menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan rugi laba.

Semakin tahun berbagai fungsi dan fasilitas dari excel un semakin cerdas untuk memungkinkan penerapan olah data akuntansi dengan excel, dan satu hal yang perlu diingat bahwa Excel for Accounting saat ini masih menjadi idola dalam pengolahan data angka baik akuntansi maupun keuangan, karena dapat dirancang sesuai kebutuhan dan dapat dibuat dalam waktu yang relatif cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *