Berita Lampung Terkini

Pentingnya Kreatifitas Dalam Digital Marketing Life Hacks

Lampungway.com. Pentingnya Kreatifitas Dalam Digital Marketing Life Hacks. Ada pepatah bilang, bahwa keberhasilan itu berasal dari semua mimpi yang dipadukan dengan kreatifitas tak terbatas dari Sang Pemimpi. Apakah itu benar?

Sadar atau tidak, dalam semua bidang kehidupan dan dalam semua bidang keilmuan, serta dalam semua bidang pekerjaan ada satu cara ampuh untuk selalu bisa bertahan dan bahkan melesat cepat, yakni memiliki kreatifitas tanpa batas yang telah dilecutkan dari sebuah pemikiran.

Kreatifitas yang dipadukan dari sebuah impian akan keberhasilan. memberikan sugesti kita untuk bsia berhasil. Karena impian kita tak akan tercapai hanya dengan duduk diam saja tanpa melakukan sesuatu untuk mengejar mimpi-mimpi.

Kreatifitas merupakan strategi yang kita ciptakan dan kita gunakan untuk mengintegrasikan sumberdaya dan kemampuan kita supaya mendapatkan hasil atau goal yang telah kita tetapkan.

Hubungan Kreatifitas dengan Digital Marketing

Tentunya Anda akan bertanya-tanya tentang apa hubungan kreatifitas dengan digital marketing life hacks? Perlu kita ingat, bahwa dunia digital sangat identik dengan penggunaan media elektronik.

Karena akses seseorang mudah menerima dan terekam dalam daya ingat paling baik adalah berupa konten visual atau video, suara dan gambar yang dapat diterjemahkan menjadi sebuah informasi penting dan bisa diterima oleh target atau sasaran atau biasa disebut audiens di dalam dunia digital marketing.

Jadi, jika kita ingin berkecimpung dalam dunia digital marketing tentu saja kita tidak bisa lepas dari yang namanya kreatifitas dalam teknik-teknik desain grafis, dan pembuatan konten digital marketing.

Sebuah produk yang bermutu tinggi yang akan di jual melalui media sosial sebagai salah satu sarana digital marketing tidak akan terlihat menarik dan bermutu jika informasi yang disuguhkan kepublik tidak menarik.

Dengan konsep digital marketing yang dikelola dengan polesan kreatifitas maka kita bisa menghasilkan produk digital marketing tampak semakin bernilai dan tepat sasaran.

Mungkin dengan desain kemasan yang eye catching, ditambah dengan jargon yang unik, nyleneh tapi ‘ngena‘ dihati, dipadu dengan desin grafis yang menawan serta konten video yang sangat bagus, yang dirancang dengan sangat apik tentu saja akan menghasilkan produk yang semakin bernilai jual tinggi untuk diluncurkan dalam konten digital marketing baik melalui media sosial maupun online shop atau website

Bahkan saat ini, para pengusaha tidak perlu punya produk sendiri, bahkan tidak perlu punya pabrik untuk memproduksi produk yang akan dijual,  tidak perlu toko yang memajang produk di etalase, karena yang diperlukan hanyalah kreatifitas untuk mengajak kerjasama pemilik produk baik pabrik maupun UMKM, atau home industri yang tentunya berbicara saling menguntungkan.

Dengan kreatifitas tanpa batas kita bisa branding produk hasil kerjasama kita dengan branding sendiri, dengan packaging yang telah didesain, lalu bisa kita pasarkan dengan digital marketing.

Tinggal foto, buat video melalui smartphone lalu upload ke marketplace atau bisa juga kita membuat online shop sendiri atau kita juga bisa membuat sebuah website khusus untuk informasi produk.

Hal tersebut tentu tidak akan terlepas dari daya kreatifitas kita bukan? atau bisa juga kreatifitas dari tim atau pegawai atau kreatifitas profesional yang kita hire untuk membuat desain yang bagus dan keren.

Langkah Kreatif dalam Digital Marketing Life Hacks

Beberapa sudah disebutkan diatas, bahwa jika kita ingin berhasil dalam Digital Marketing hendaknya jangan membatasi kreatifitas dalam diri supaya bisa menentukan dan memilih langkah yang tepat yang bisa di integrasikan dalam Digital Marketing.

Ada beberapa langkah kreatif dalam digital marketing, yang harus Anda lakukan dan tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena hal ini akan mempengaruhi hasil yang Anda harapkan.

1. Kreatif dalam Pemilihan dan Pembuatan Branding Produk Digital Marketing

Tidak dapat dipungkiri, jika ingin berhasil dalam dunia digital marketing berarti kita siap menjadi apa saja, kita siap mengerjakan semuanya, kita siap mengerahkan daya kreatifitas kita, kita bisa jadi bos, kita juga bisa jadi karyawan untuk memilih dan membuat branding yang tepat untuk produk yang akan di pasarkan.

Di Bisnis digital marketing kita harus belajar semuanya, setidaknya kita bisa mengelola semuanya termasuk mengelola modal usaha, konten dan audiens.

Pemilihan dan Pembuatan Branding disini dimulai dari pemilihan dan pembuatan Logo yang kreatif, unik, simple tapi mudah di ingat yang bisa melekat dalam produk kita.

Nah, yang peru dingat bahwa pembuatan logo yang bagus tentu memerlukan skill design grafis yang handal, jika Anda merasa kurang dalam skill design grafis jangan berkecil hati, karena banyak lho yang menawarkan jasa pembuatan logo termasuk pembuatan design grafis lainnya.

Jadi jangan takut walau Anda tidak mengerti sekalipun tentang teknik design grafis, dengan sumber daya keuangan, Anda bisa alokasikan untuk peran profesional design grafis tersebut.

Setelah logo, kita juga harus memikirkan nama branding yang juga akan digunakan di semua akun media sosial kita. Mulai dari Facebook baik Fanspage maupun Facebook group, Instagram, dan Twitter serta Youtube.

Tidak lengkap jika produk Anda hanya di kenalkan melalui media sosial, Onlineshop atau website juga bisa menajdi pilihan tambahan dan sangat penting sebagai salah satu langkah mengambil kepercayaan dari pelanggan.

Dengan adanya website resmi maka tingkat kepercayaan pelanggan akan semakin meningkat, bahkan kita juga bisa memajang info produk terbaru kita, layaknya sebuah toko.

Pembuatan websitenya pun juga tidak boleh asal, dan sebaiknya diserahkan ke ahli pembuatan website, namun sebelum membuat website kita perlu memikirkan apakah nama branding kita available atau tersedia untuk nama domainnya.

Anda dapat melakukan pengecekan nama domain di www.domainesia.com/domain.  Langkah selanjutnya tinggal pemilihan Web hosting murah, Percayakan saja ke Domainesia yang sudah teruji kualitasnya, selain harganya yang juga murah loh mulai dari Rp. 16.000/bulan.

Nah, jika Anda jeli, apa yang dilakukan Hosting Indonesia Domainesia saat ini yaitu mengadakan event lomba blog domainesia merupakan salah satu langkah strategi yang membutuhkan kreatifitas, jadi bisa jadi contoh bahwa meskipun sudah mendapatkan predikat sebagai hosting terbaik, Domainesia masih terus meluncurkan konten kreatifnya.

Sama halnya dengan pembuatan logo, atau hal-hal yang terkait teknis pembuatan kontent digital termasuk branding logo dan website, Anda bisa mengajak kerjasama para profesional namun jika keuangan Anda tipis, masih ada langkah lain yaitu berdayakan mahasiswa design grafis maupun ilmu komputer, teknik informatika, sistem informatika karena biasanya justru mereka memiliki daya kreatifitas yang masih alami dan tak terbatas serta sesuai dengan keuangan Anda.

2. Kreatif dalam Pembuatan Konten Digital Marketing

Langkah kedua dalam Digital Marketing Life hacks ini juga sangat memerlukan kreatifitas yang tak terbatas, terutama dalam pembuatan konten digital marketing dari produk Anda.

Anda juga dituntut bisa menciptakan konten atau membuat konten yang sangat disukai oleh pelanggan atau target produk Anda.

Konten Digital Marketing biasanya juga disesuaikan dengan umur, jenis kelamin, hobi, wilayah audiens karena bisa berbeda-beda dalam pemilihan kata untuk konten produk yang akan anda luncurkan di media sosial.

Jika Anda pengusaha yang berlebih modal keuangannya, Anda bisa ajak kerjasama beberpa komunitas atau agency yang memang kredibel dalam menjalankan jasa pembuatan kontent digital marketing.

Anda bisa berikan brif dan syarat-syaratnya nanti mereka yang akan mengerjakannya, dan dalam istilah Digital Marketing mereka biasa disebut Tim Buzzer dan jangan pernah sepelekan kekuatan Buzzer, karena mereka biasanya memiliki banyak follower, jadi jika Anda bisa mengendorse mereka, maka produk Anda akan mudah tersebarluaskan.

Namun, tentu saja Anda sendiri juga harus memiliki akun media sosial untuk menyebarluaskan produk anda, jadi jangan terus-terusan menggunakan Buzzer kecuali jika financial Anda cukup banyak.

Atau jika ada telah memiliki tim pembuatan konten digital marketing tinggal di scaleup saja skill mereka supaya mereka bisa mengeluarkan semua daya kreatifitas dalam pembuatan kontent untuk produk Anda.

3. Kreatif dalam Strategi Bisnis Digital Marketing

Berkecimpung dalam Digital Marketing tentu juga ada yang namanya proses menuju keberhasilan, kita harus melakukam trial and error, harus dilakukan uji coba berulang kali hingga menemukan teknik terbaik.

Pemilihan Strategi Digital Marketing memang sangat penting dilakukan. Untuk mencobanya Anda harus menjawab beberapa pertanyaan ini sebagai indikator untuk Anda menentukan langkah strategi bisnis yang tepat untuk Anda jalankan.

  • Waktu Anda untuk publikasikan produk?
  • Di media sosial apa Anda akan publikasi?
  • Apa Produk Anda?
  • Siapa target Anda?
  • Wilayah mana target Anda?
  • Perlu di iklankan atau tidak produk Anda?
  • Perlu ada diskon tidak produk Anda? Jika Ada apakah ada syarat khusus
  • Perlu ada cashback atau tidak produk Anda? Jika Ada apakah ada syarat khusus
  • Perlu gratis ongkos kirim atau tidak produk Anda? Jika ada apakah ada syarat khusus
  • Berapa Target Penjualan Anda?
  • Berapa biaya Digital Marketing Anda?
  • Loss atau Profit teknik Anda?

Dengan menjawab semua pertanyaa itu, Anda akan tahu, apakah efektif atau tidak teknik Digital Marketing Anda tentu setelah Anda melakukannya.

Dan Apabila Anda merasa masih kurang efektif dan efisien coba ulangi dengan teknik yang berbeda, karena kita perlu ingat bahwa Digital Marketing maupun marketing konvensional adalah teknik menjual, teknik memperkenalkan produk yang goal atau tujuan akhirnya produk terjual.

Dan pesan kami sebagai penulis buat Anda semua yang akan berkecimpung di dunia Marketing Digital yaitu, “Berusahalah melihat kegagalan orang lain sebagai proses pembelajaran kita, jadi jangan hanya melihat keberhasilan orang lain saja tanpa melihat proses kegagalanya”.

Itulah Pentingnya Kreatifitas dalam Digital Marketing Lifehack yang bisa kami berikan pada artikel ini. Jika dirasa bermanfaat, mohon untuk di share atau disebarluaskan ke saudara dan teman-teman Anda semua. terimakasih

Responses (4)

  1. Mantap mas memang kita harus melihat sisi perjuangan seseorang untuk menggapai kesuksesannya mantap mas kunjungi juga majalahbus.com

  2. Artikel ini sangat menarik dan informatiif sesuai dengan kondisi kekinian dimana kecepatan akses menjafi kebituhan di masyarakat.

    1. iya bang.. generasi kita termasuk yang paling banyak menikmati loncatan berbagai teknologi yang berdayamanfaat untuk pengembangan bisnis, mulai dari hp untuk komunikasi, untuk dagang, sekarang smartphone untuk bisnis yang juga berbentuk digital, lebih akuntabel, lebih terjamin keamanannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *