Tips Merawat Rumah Idaman Tetap Bersih dan Nyaman

Tips Merawat Rumah Idaman Tetap Bersih dan Nyaman
Tips Merawat Rumah Idaman Tetap Bersih dan Nyaman

Lampungway.com. Tips Merawat Rumah Idaman Tetap Bersih dan Nyaman. Rumahku adalah istanaku, jadi haruslah selalu di rawat agar tetap bersih dan nyaman sehingga penghuni rumah selalu betah berada didalam rumah.

Nah, kali ini Lampungway.com akan memberikan Tips Merawat Rumah Idaman Tetap Bersih dan Nyaman, karena dengan merawat rumah, maka kita semua yang bernaung didalam nya juga akan selalu sehat dan serta betah berada di rumah.

1. Gunakan Sedikit Plamur Agar Cat Dinding Tidak Mudah Mengelupas

Apakah kamu pernah mendapati cat dinding yang mengelupas? mungkin bukan hanya kamu, tapi hal tersebut telah menjadi permasalahan setiap pemilik rumah, nah supaya lapisan cat pada dinding tidak mudah mengelupas, maka kamu bisa menggunakan sedikit plamur sebagai penutup retak-retak rambut yang halus pada dinding.

2. Jaga Kusen Pintu dan Jendela agar Bebas dari Rayap

Rayap juga hewan pemakan kayu lainnya juga menjadi momok pada rumah terutama dibagian  kusen pintu, pintu dan jendela. Lalu bagaimana agar semua kusen, pintu dan jendela rumah kamu bisa terhindar dari rayap serta hewan pemakan kayu lainnya?

Caranya cukup mudah, kamu bisa mencampur 3 liter Oli dan 1 liter solar, kemudian aduk hingga rata, selanjutnya kamu bisa oleskan secara merata ke permukaan kayu hingga kering.

Setelah itu kamu bisa lakukan langkah selanjutnya yaitu pengecatan pada permukaan kayu. Kamu juga bisa mengolesi permukaan kayu dengan obat anti jamur untuk mencegah serangan dari rayap dan hewan lainnya sebelum dilakukan pengecatan.

3. Segera Perbaiki Lantai Keramik Retak / Lepas

Lantai keramik retak atau lepas juga sering menjadi masalah berulang yang terjadi di rumah. Maka kamu bisa melepas keramik tersebut dengan hati-hati, supaya keramik yang masih utuh tidak ikut terlepas.

Jangan lupa sebelum dilepas sebaiknya Nat dikorek dengan benda tajam dan setelah itu lakukan pelepangan keramik atau bisa juga keramik dipecah sampai ke dasar, kemudian ganti keramik lantai dengan yang utuh.

Lalu bagaimana jika Nat lantai keramik rusak? bersihkan dahulu Nat dengan cara dikorek, lalu siram dengan air bersih dan kemudian isi celah nat dengan semen putih yang agak cair hingga meresap sampai ke dalam. Setelah setengah kering, campur lagi dengan semen putih yang lebih kental dan padatkan.

4. Bersihkan Kerak di Kamar Mandi

Lantai kamar mandi merupakan lantai yang paling sering kotor, juga mengalami kerak kuning kecokelatan dan menjadi momok paling utama pemilik rumah.

Langkah untuk menghilangkannya memang agak susah dan butuh kesabaran yang lebih.

  • Gosok kerak berulang-ulang dengan batu apung dan air sabun, kemudian dibilas dengan air bersih.
  • Kamu bisa menaburkan Citroenzuur atau asam sitrat pada dinding kamar mandi atau bak mandi yang sebelumnya dibasahi. Biarkan selama satu jam.
  • Langkah berikutnya kamu bsa menyikat dan menyiram dengan air bersih dn kemduian bilas sampai lantai kamar mandi benar-benar bersih.
  • Keringkan dengan lap kering. .

5. Basmi Jamur di Rumah

Jamur pada rumah juga menjadi hal yang tidak boleh disepelekan, untuk mengatasi jamur ringan dan belum lama menyerang bagian-bagian rumah terutama pada dinding dan plafon atau juga pada perabot rumah, dapat menggunakan cuka, fungisida (pembasmi jamur) atau cairan disinfektan.

Langkahnya sebagai berikut

  • Teteskan cuka pada lap kain, lalu sapukan pada bagian yang ada jamurnya secara perlahan-lahan supaya spora jamur tidak terbang kemana-mana.
  • Ulangi langkah tersebut dengan kain lap baru.
  • Menyikat tidak disarankan untuk membersihkan jamur karena hal tersebut akan menyebabkan spora menyebar ke tempat lain

Jika serangan jamur sudah lama dan cukup berat, misalnya pada plafon akibat bocor, segera perbaiki kebocorannya dan ganti bagian plafon dengan bahan yang baru atau bisa juga dicat ulang.

Instalasi sanitasi perlu di cek dan dijaga dari kerusakan dan bocor sehingga tidak menyebabkan munculnya jamur di plafond terutama pada rumah lantai 2. Demikianlah Tips Merawat Rumah Idaman Tetap Bersih dan Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *