HOT News

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji di Bawah 5 Juta

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji di Bawah 5 Juta. Apakah kamu adalah seorang pegawai dengan gaji dibawah 5 juta rupiah namun memiliki niat untuk membeli rumah dari hasil menabung? Tentu saja kamu bisa lakukan hal itu apalagi jika kamu sudah memiliki gaji tetap meski dibawah Rp.5 juta.

Cara Menabung untuk Beli Rumah memang sangat dibutuhkan kesabaran yang tinggi, niat dan disiplin yang juga sangat tinggi, apalagi jika kamu berada di Kota Jakarta dengan penghasilan di bawah Rp.5 juta banyak yang berpikiran tidak mungkin bisa menabung untuk membeli rumah apalagi jika kamu membandingkan trend harga rumah saat ini yang tentu saja hampir tidak mungkin untuk membeli rumah, jangankan rumah, untuk beli tanahnya saja mungkin akan sulit.

Tapi percayalah, jika kamu punya niat dan usaha, maka kamu bisa mewujudkan semua nya tentu dengan disiplin dan kesabaran yang sangat ekstra kuat.

Tips Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji di Bawah 5 Juta

1. Kamu Harus Menabung Saat Gajian Tiba

Jangan pernah menunda untuk menyisihkan sebagian penghasilanmu dikala tiba hari gajian, jangan pernah memikirkan ego mu, dengan berpesta pora, atau foya-foya, belanja sana belanja sini yang sifatnya konsumtif baru menabung, maka impianmu membeli rumah dari menabung gak akan pernah tercapai.

Tabunglah minimal 30% dari penghasilanmu sebelum kamu membeli keperluan hidupmu dalam sebulan, prioritaskan pengeluaranmu dengan sebijak mungkin.

Jika kamu sudah bisa menyisihkan 30% minimal dari penghasilanmu, maka kamu bisa menghitung jumlah tabunganmu selama periode berapa lama kamu akan menabung.

2. Jangan Pernah berhutang

Jangan pernah berhutang saat kamu memutuskan untuk membeli rumah, karena hal tersebut justru akan membuat kamu banyak kehilangan penghasilan, apalagi berhutang untuk hal lain dan gak penting. Pastikan bawah kamu sedang tidak memiliki cicilan saat akan membeli rumah.

Hal ini menjadi sangat penting agar semua gaji kamu tidak dialokasikan ke cicilan utang yang lain sementara Kamu juga memiliki kewajiban untuk membayar cicilan rumah Anda nantinya. Jika kamu masih memiliki utang, maka lunasi dulu hutang yang ada agar tidak menjadi beban setelahnya.

3. Tentukan Patokan Harga Rumah yang sanggup kamu Beli

Saat ini, pemerintah sedang gencar untuk memberikan subsidi kepemilikan rumah, jadi gunakan kesempatan itu sebaik mungkin, carilah lokasi yang memang masuk dalam perhitunganmu, termasuk angsuran tiap bulannya supaya kebutuhan prioritas hidup mu yang juga tetap bisa terpenuhi.

Jangan pernah merasa gensi untuk membeli rumah dengan harga yang lebih murah sesuai dengan kesanggupanmu, jangan hanya karena gengsi kamu membeli rumah dengan harga yang diluar kesanggupanmu.

4. Ketahui Besar Angsuran Rumah

Jika gaji kamu di angka Rp 5 juta, maka besar angsuran rumah yang harus Anda keluarkan jangan sampai lebih dari 30% (Rp1,5 juta). Hal tersebut bertujuan supaya semua biaya untuk kehidupan sehari-hari Kamu tidak terganggu.

Besaran angsuran tiap bulan bisa juga kamu perkecil lagi dengan memilih masa cicilan yang lebih lama, semisal 20 atau 30 tahun. Meski terasa lama sekali, namun kewajiban angsuran setiap bulan mampu dibayarkan, dan jangan lupa bahwa gajimu juga pasti akan mengalami kenaikan sehingga besarnya angsuran rumah mu masih akan tercover dengan baik.

5. Sisihkan Dana Tidak Terduga

Setiap kamu gajian, jangan lupa sisihkan juga 5-10% untuk dana tidak terduga yang bisa kamu gunakan dalam kondisi tak terduga atau mengalami peristiwa mendadak yang membutuhkan uang, sehingga tidak akan mengganggu dana tabungan Anda untuk membeli rumah.

Itulah Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji di Bawah 5 Juta. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *