Berita Lampung Terkini

Inilah Tips dan Trik Thrift Shopping Wajib Kamu Tahu

Lampungway.com. Inilah Tips dan Trik Thrift Shopping Yang Wajib Kamu Tahu. Di era milenial saat ini, fashion telah menjadi hal yang mutlak untuk setiap orang.

Bahkan tak sedikit seseorang akan menebak kepribadian kamu dari gaya busana yang kamu gunakan sehari-hari. Nah, ketika kamu merasa fashion itu penting, maka kamu pasti mencari gaya apa sih yang cocok dan kamu pun mulai mencari seseorang untuk dijadikan kiblat fashion kamu.

Seandainya kamu merasa bosan dengan gaya busana yang monoton, saat ini ada satu metode berbelanja yang tengah menjadi tren. Nama metode itu adalah thrift shopping.

Apa Itu Thrift Shopping?

Arti dari “thrift” itu sendiri adalah penghematan, sedangkan “shopping” adalah berbelanja. Jadi singkatnya, thrift shopping adalah metode berbelanja yang bertujuan untuk penghematan.

Penghematan disini maksudnya adalah berbelanja barang second atau bekas yang masih layak pakai. Ini bertujuan agar biaya yang dikeluarkan tidak sebesar pada saat kamu berbelanja biasa.

Sebenarnya thrift shopping masih terdengar asing untuk beberapa orang. Apalagi ada segelintir orang yang merasa kalau model belanja seperti ini adalah hal yang memalukan. Padahal dengan cara ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis pakaian dari dalam negeri maupun luar negeri  dan pastinya unik-unik loh.

Selain barang unik, bila kamu sabar dan teliti, kamu juga bisa menemukan beragam pakaian branded dengan harga terjangkau.

Rekomendasi Tempat untuk Thrift Shopping

Mungkin beberapa dari kamu bingung harus mulai dari mana bila ingin mulai berbelanja. Zaman dulu, kamu harus sedikit menguras tenaga dan waktu untuk pergi ke pasar yang menjual berbagai macam pakaian bekas, contohnya seperti Pasar Senen di Jakarta dan Pasar Cimol Gedebage di Bandung.

Jadi bagaimana jika kamu telah menghabiskan tenaga dan waktu untuk mencari pakaian bekas di pasar, tapi tidak menemukan yang kamu mau. Belum lagi, kamu harus pintar saat melakukan tawar-menawar dengan pedagang.

Saat ini thrift shopping sudah jauh lebih mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya melalui media sosial maupun situs belanja online.

Banyak kok pedagang toko online yang kini menawarkan berbagai macam jenis pakaian bekas dengan harga yang terjangkau dan tentunya masih layak pakai.

Instagram

Tempat pertama yang dapat kamu kunjungi untuk berbelanja online adalah Instagram. Di Instagram, kamu hanya perlu menulis “thrift” di kolom pencarian.

Setelah itu akan muncul berbagai akun toko online yang menjual pakaian bekas. Produk yang dijual juga beragam. Ada yang menjual kaos, jaket, celana, tas, dan lain-lain.

Tapi kamu harus cepat, karena gambar suatu produk yang baru saja diunggah bisa langsung terjual secepat kilat, sebab peminat thrift shopping itu banyak dan barang yang disediakan juga tergolong langka.

Situs Belanja Online

Selanjutnya tempat yang dapat kamu kunjungi adalah situs belanja online. Di sana kamu bisa menemukan berbagai macam pakaian bekas dengan harga terjangkau.

Hanya saja di situs belanja online, kamu harus pintar dalam memilih toko. Biasanya gambar yang tertera di gambar, belum tentu sama dengan aslinya loh.

Jadi, usahakan kamu memilih toko yang sudah banyak diulas oleh pembeli atau juga bisa meminta rekomendasi dari teman kamu yang sudah pernah belanja di situs belanja online, GenK.

Jasa Titip

Lalu, kamu juga bisa melakukannya melalui jasa titip. Jasa titip atau yang lebih dikenal dengan istilah jastip adalah tempat di mana kamu bisa minta titip beli barang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Biasanya, jastip menjadi pilihan bila kamu menginginkan barang yang hanya ada di luar negeri. Melalui jastip, kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk belanja langsung ke sana.

Kamu bisa menemukan jastip ini melalui toko di Instagram, Twitter, Line, dan situs belanja online lainnya. Tapi ingat, kamu juga harus berhati-hati bila belanja ya .  Pilihlah toko yang sudah kamu percaya atau sudah banyak mendapat ulasan dari pembeli.

Tips untuk Thrift Shopping

Sebenarnya, ada tips yang perlu kamu catat. Saat ini banyak youtuber yang menyediakan konten thrift shopping. Mereka biasa mengulas pakaian-pakaian yang mereka beli.

Mulai dari kekurangan dan kelebihannya. Bahkan tak jarang dari mereka memberi tips dan trik untuk mix and match pakaian bekasmu agar terlihat keren dan kece saat digunakan. Dari situ pula kamu bisa mendapat inspirasi pakaian apa saja sih yang akan kamu beli.

Selain mengulas tentang pakaiannya, biasanya YouTuber juga memberi ulasan tentang toko tempat ia belanja, sehingga kamu jadi tahu rekomendasi tempat belanja online yang bagus. Ini penting untuk mengurangi kemungkinan buruk.

Nah, apakah kamu sudah menentukan ingin pakai cara yang mana? Bila sudah, kamu hanya perlu menunggu barang kamu sampai.

Eh, tapi tunggu dulu, GenK. Apa kamu tahu bagaimana trik merawat baju bekas yang sudah kamu dapatkan dari thrift shopping?

Kamu harus ingat kalau pakaian yang baru saja kamu dapatkan itu adalah pakaian bekas. Untuk meminimalisasi terjadinya kerugian pada kamu saat menggunakan pakaian bekas, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan.

Trik pertama

merupakan trik yang paling mudah adalah kamu harus mencuci pakaian bekas yang kamu beli hingga benar-benar tercuci bersih atau kamu bisa menggunakan jasa laundry.

Trik kedua

bila kamu mencuci sendiri adalah kamu bisa merebus pakaian yang sudah kamu cuci sebelumnya. Langkah ini bertujuan untuk membasmi jamur dan bakteri yang bisa saja ada pada pakaian bekasmu.

Trik ketiga

setrika pakaian yang sudah kamu cuci. Pastikan kamu menyetrika pakaian dengan suhu yang panas. Ini masih bertujuan untuk membunuh virus dan bakteri yang mungkin ada di pakaian bekasmu.

Nah, setelah semua proses mulai dari pembelian hingga merawat baju bekas yang baru saja kamu beli sudah dilakukan, kamu bisa langsung mix and match pakaian bekasmu dengan pakaian yang sudah kamu punya sebelumnya.

Semakin kreatif kamu dalam melakukan mix and match pakaian, semakin bagus pula penampilan yang kamu dapat. Bahkan kamu bisa membuat orang tidak sadar kalau pakaian yang kamu pakai adalah hasil dari thrift shopping.

Uniknya pakaian-pakain yang kamu beli lewat thrift shopping tentu membuat kamu terlihat lebih keren dan kece. Jadi, mulai sekarang gak perlu takut lagi. Ayo tunggu apa lagi, Genk? Pilih pakaianmu dan tunjukkan gayamu!

Nah, Demikianlah Tips dan Trik Thrift Shopping Wajib Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *