HOT News

Kadar Asam Urat Normal dan Cara Obati Asam Urat Secara Alami Aman dan Ampuh

Lampungway.com – Kadar Asam Urat Normal dan Cara Obati Asam Urat Secara Alami Aman dan Ampuh. Asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi. Kita pun harus cari tahu apa penyebab asam urat, gejala asam urat, obat asam urat, serta pantangan asam urat.

[artikel number=5 tag=”asam-urat” ]

Asam urat yang menumpuk akan menyebabkan gejala peradangan pada sel tubuh dan juga persendian. Asam urat jelas sangat menghambat kegiatan seseorang. Bahkan jika dibiarkan tanpa penanganan, organ vital semisal ginjal pun berada dalam bahaya.

Kadar Asam Urat Normal bagi Pria

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar asam urat yang normal bagi pria dewasa adalah antara 2 hingga 7,5 miligram per desiliter darah. Sementara itu, untuk pria dengan usia lebih dari 40 tahun, maka kadar asam urat yang normal sebanyak 2 hingga 8,5 miligram per desiliter darah. Sementara untuk para remaja pria dengan usia antara 10 hingga 18 tahun, kadar asam urat yang normal biasanya adalah antara 3,6 hingga 5,5 desiliter darah. Untuk lebih jelasnya, berikut tabel daftar kadar asam urat normal menurut WHO:

Umur dan Jenis Kelamin Batas Bawah (Nilai Rendah) Batas Atas(Nilai Batas)
Pria Dewasa 2 mg/dL 7,5 mg/dL
Wanita Dewasa 2 mg/dL 6,5 mg/dL
Pria Lansia 40+ 2 mg/dL 8,5 mg/dL
Wanita Lansia 40+ 2 mg/dL 8 mg/dL
Anak Laki 10-18 tahun 3,6 mg/dL 5,5 mg/dL
Anak Perempuan 10-18 tahun 3,6 mg/dL 4 mg/dL

Kadar Asam Urat Normal Bagi Wanita

Kadar asam urat normal wanita dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah. Untuk menghindari rasa nyeri yang mengganggu aktivitas, kamu harus paham dulu kadar asam urat yang normal tersebut.

Nah, kadar asam urat normal wanita adalah sekitar 2 miligram/desiliter hingga 6,5 miligram/desiliter untuk yang berusia diatas 18 tahun, sementara untuk wanita yang mendekati atau sudah menopause kadar normalnya adalah 2 miligram/desiliter hingga 8 miligram/desiliter. Tidak hanya itu, wanita usia 10 hingga 18 tahun juga memiliki kadar normal yaitu 3,6 miligram/desiliter hingga 4 miligram/desiliter.

Penyebab Asam Urat

Asam urat adalah produk limbah yang dibuat selama gangguan normal purin, zat alami yang ditemukan dalam makanan seperti hati, jamur, teri, mackerel dan kacang kering.

Asam urat biasanya dibersihkan dari darah oleh ginjal, dan keluar dari tubuh bersama dengan urine. Namun, kadar asam urat yang tinggi dapat terakumulasi dalam tubuh, baik ketika ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat atau ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Kondisi ini dikenal sebagai hyperuricemia.

Konsentrasi asam urat yang tinggi dalam darah pada akhirnya akan mengubah asam menjadi kristal urat, yang kemudian dapat terakumulasi di sekitar sendi dan jaringan lunak. Simpanan kristal urat yang berbentuk jarum bertanggung jawab atas peradangan dan gejala nyeri asam urat.

Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap asam urat, beberapa diantaranya adalah:

  1. Memiliki riwayat keluarga asam urat
  2. Kelebihan berat badan
  3. Memiliki masalah ginjal
  4. Paparan timbal
  5. Minum terlalu banyak alkohol
  6. Mengambil obat tertentu seperti diuretik atau niacin

Gejala Asam Urat

Menurut Mayo Clinic, gejala umum asam urat adalah:

  • Nyeri sendi intens yang paling parah dalam 12 hingga 24 jam pertama
  • Nyeri sendi yang berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu dan menyebar ke lebih banyak sendi dari waktu ke waktu
  • Kemerahan, kelembutan dan pembengkakan sendi

Obat Alami Asam Urat

Langsung simak referensi obat alami asam urat yang bisa menjadi referensi Anda untuk obati Asam Urat Alami Aman Ampuh!

1. Baking Soda
Pengobatan asam urat pada awal gejala secara alamiah bisa dilakukan dengan menggunakan larutan baking soda. Buatlah minuman dengan takaran air masak satu gelas lalu tambahkan satu sendok teh baking soda. Aduk hingga larut untuk kemudian minum secara rutin. Anda bisa meminumnya sehari dua kali untuk hasil kesembuhan yang optimal.

Metode satu ini terbukti sangat praktis sekaligus juga ampuh untuk meminimalisir keluhan nyeri yang tersebab oleh asam urat hal tersebut karena kandungan basa yang terdapat pada baking soda adalah lawan yang bagus untuk memerangi asam urat berlebih. Anda hanya tinggal pastikan tak memiliki riwayat tekanan darah tinggi saat mengonsumsi minuman satu ini lantaran bisa berbahaya.

2. Cuka Sari Apel
Cara mengobati asam urat secara alami yang kedua adalah dengan menggunakan Sari Apel yang dikonsumsi secara rutin. Kandungan vitamin C yang berlimpah di Cuka Sari Apel bisa menjadi antioksidan sekaligus penawar peradangan yang ampuh sehingga sel tubuh tetap sehat dan bebas dari tumpukan asam urat.

Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni hanya dengan membuatnya sebagai ramuan atau larutan yang bisa diminum. Sediakan satu gelas air masak lalu tambahkan satu sendok teh cairan cuka sari apel dan aduk secara merata. Konsumsi secara rutin untuk kesembuhan optimal. Ramuan herbal satu ini biasanya tak disarankan pada penderita keluhan maag ya!

3. Buah Apel
Cara mengobati asam urat secara alami yang berikutnya ini bisa dicoba oleh siapapun dan pastinya tidak akan menyiksa lantaran dengan menggunakan bahan makanan yang lezat dikonsumsi. Ternyata mengonsumsi buah apel secara rutin dalam jumlah mencukupi juga berdampak bagus bagi para penderita asam urat untuk mengurangi keluhan yang diderita.

Buah apel yang memiliki rasa manis alamiah faktanya memiliki kandungan asam malat yang sangat bagus untuk melawan keberadaan asam urat berlebih dalam tubuh. Anda bisa konsumsi buah satu ini secara rutin setiap harinya. Bisa dimakan langsung maupun juga dibuat sebagai jus buah. Kandungan serat alamiahnya juga membantu metabolisme optimal.

4. Buah Nanas
Buah yang cukup terkenal ini merupakan buah tropis yang ternyata baik untuk mengobati asam urat. Buah nanas memiliki ciri khas rasa buah yang manis serta segar. Mengkonsumsi buah nanas secara teratur mampu memberikan efek yang bagus untuk metabolisme tubuh termasuk juga untuk melancarkan proses pencernaan. Jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah satu ini ya!

Memiliki kandungan serat alamiah, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan lainnya semisal antioksidan bromelain juga amatlah penting untuk tubuh. Salah satunya yakni untuk menekan jumlah asam urat berlebih dalam tubuh. Bromelain mampu menjaga sel tubuh dari peradangan maupun ancaman jahat radikal bebas.

Pantangan Asam Urat

Hindari ragam makanan yang bisa memicu bertumpuknya asam urat berlebih dalam tubuh. Di antaranya yakni beragam jenis kacang-kacangan, olahan seafoods, aneka jerohan, tanaman melinjo, hindari pula minuman beralkohol dan seterusnya.

Anda bisa mulai coba terapkan cara mengobati asam urat secara alami yang mudah seperti daftar di atas dengan diselingi dengan kontrol stress yang bagus. Jangan lupa juga untuk senantiasa terapkan gaya hidup sehat. Perbanyak konsumsi air putih juga berfungsi bagus untuk ekskresi asam urat melalui keluarnya air seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *