by

Tangan Kesemutan Saat Hamil Benarkah Carpal Tunnel Syndrome

Lampungway.com. Tangan Kesemutan Saat Hamil Benarkah Carpal Tunnel Syndrome. Saat kehamilan semakin beranjak besar, tentu saja banyak Bumil yang merasakan perubahan fisiknya.

Termasuk hal yang tak biasapun sering terjadi seperti pusing, mual dan muntah selain pusing dan kaki bengkak, sebagian ibu hamil mengeluhkan telapak tangan terasa nyeri, kesemutan, dan kebas.

Carpal Tunnel Syndrome adalah

Dan rasa sakit yang di derita tersebut jauh lebih terasa saat bangun tidur. Apakah Bumil ada yang merasakan hal sama? Nah, hal itu patut untuk di waspadai bahwa Bumil terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Dilansir dari laman Melansir Mayoclinic, Carpal Tunnel Syndrome adalah suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, kesemutan dan gejala lainya di tangan dan lengan. CTS atau Carpal Tunnel Syndrome terjadi karena ada saraf-saraf yang terjepit di pergelangan tangan.

Biasanya CTS atau Carpal Tunnel Syndrome terjadi karena anatomi pergelangan tangan Bunda, tapi ada juga kemungkinan disebabkan karena gerakan yang berulang-ulang. Sehingga menyebabkan kebas dan mati rasa pada tangan ibu hamil.

Gejalanya CTS/Carpal Tunnel Syndrome biasanya terasa secara bertahap lho, Bun. Ibu hamil wajib waspada nih, kalau mulai sering merasakan mati rasa atau kesemutan di ibu jari, telunjuk dan jari tengah.

Sebagai pembeda dengan rasa kesemutan biasanya, CTS/Carpal Tunnel Syndrome tidak akan dirasakan jari kelingking. Bahkan pada sebagian ibu hamil merasakan sensasi seperti sengatan listrik di jari-jarinya.

Selain itu, Carpal Tunnel Syndrome atau CTS juga bisa mengakibatkan rasa ketidaknyamanan di pergelangan tangan dan telapak tangan, Bunda. Gejala seperti ini, akan kembali dirasakan saat menyetir, memegang handphone atau buku. Parahnya lagi, rasa sakitnya kadang bisa membangunkan Bunda dari tidur nyenyak loh.

Banyak ibu hamil yang mencoba meredaknnya dengan melakukan gerakan berjabat tangan. Pasalnya, syndrom mati rasa ini akan terasa konstan dari waktu ke waktu.

Bagi ibu hamil yang nggak kuat menahan rasa sakitnya, tidak akan mampu memegang benda dan cenderung menjatuhkannya. Sebab, mati rasa menyerang otot jempol ibu jari.

Apa yang harus dilakukan jika Tangan Kesemutan Saat Hamil

Segera temui dokter jika gejala CTS sudah mengganggu aktivitas normal. Bahkan, membuat Bunda sering terbangun tidur karena nggak kuat menahan sakitnya. Jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan saraf dan otot permanen lho, Bun.

CTS dapat diatasi dengan pembedahan makro untuk membenahi saraf yang terjepit. Diungkap dr Margareta Arianni SpOT, jika proses bedah makro cukup menggunakan kaca pembesar, untuk mengtahui posisi saraf yang bermasalah. Prosesnya sendiri disebut dengan istilah carpal tunnel realeas.

Kapan operasi ini harus dilakukan? Pertama ada rasa sangat nyeri pada tangan dan suka kambuh di malam hari. Jadi lagi enak-enak tidur gitu suka terbangun karena saking nyerinya di tangan ini.

Cara Menghilangkan rasa sakit akibat carpal tunnel syndrome selama kehamilan

Sindrom tangan kesemutan saat hamil atau carpal tunnel itu merupakan gejala umum. Bagaimana mengatasinya?
Menurut dokter, kondisi ini tidak berlangsung permanen.

Tidak ada obat penghilang rasa sakit atau anti-inflamasi yang dapat membantu kondisi ini. Namun, Anda tetap bisa meringankan sensasi rasa sakitnya.

Jadi, inilah beberapa pengobatan rumahan dan perawatan alternatif yang bisa Anda coba untuk meringankan rasa sakit akibat sindrom carpal tunnel selama kehamilan.

Diet seimbang

Salah satu alasan pembengkakan dan penumpukan cairan yang terjadi adalah karena kenaikan berat badan dan fluktuasi hormon. Menambah berat badan terlalu banyak selama kehamilan bukanlah hal yang baik.

Jadi untuk mencegah terlalu banyak penambahan berat badan dan memburuknya carpal tunnel atau jari kesemutan saat hamil, yang terbaik adalah mengurangi asupan garam, gula, dan lemak sebanyak mungkin. Makanlah makanan yang sehat dan gizi seimbang, serta minumlah banyak air.

Kompres pergelangan tangan

Mengompres pergelangan tangan bisa membantu menurunkan pembengkakan. Lakukan hal ini beberapa kali sehari untuk membantu mengatasi rasa sakit. Setelah setiap kompres, pastikan untuk meregangkan pergelangan tangan dan jari Anda.

Lakukan latihan pergelangan tangan

Jika Anda terlalu membebani pergelangan tangan karena terlalu sering menggunakan ponsel atau mengetik di laptop, maka istirahatlah sesering mungkin dan lakukan peregangan pada pergelangan tangan Anda. Lakukan latihan pergelangan tangan sesekali untuk melonggarkan sendi dan juga mengendurkan otot juga saraf di daerah tersebut.

Angkat atau tinggikan tangan Anda

Terkadang, rasa sakit dari sindrom carpal tunnel selama kehamilan bisa disebabkan oleh retensi cairan. Ini dapat menyebabkan pembengkakan kecil di bagian dalam, yang dapat menimbulkan rasa sakit di pergelangan tangan. Mengangkat atau meninggikan tangan dapat membantu aliran darah dan retensi air untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Oleskan krim pereda kesemutan

Ini bukan solusi jangka panjang dan tidak disarankan untuk menggunakan krim terlalu sering selama hamil. Tetapi jika rasa sakit sedang tak tertahankan, Anda dapat mencoba menggunakan krim anti kesemutan untuk meringankan rasa sakit.

Itulah beberapa solusi yang bisa dicoba saat Anda mengalami tangan kesemutan saat hamil. Jika Anda mengalami sakit yang tak tertahankan, konsultasikan pada dokter Anda ya, Bun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *