APKLINDO Lampung Inisiasi Anggotanya Ikuti Uji Kompetensi Skema Housekeeping

Bandarlampung (LW): Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (DPP APKLINDO) Lampung mengikutsertakan 50 orang peserta dari karyawan perusahaan anggota APKLINDO Lampung pada uji kompetensi/sertifikasi SKKNI BNSP Housekeeping yang dilaksanakan oleh LSP Pariwisata Housekeeper bekerjasama dengan BPD IHKA Lampung dan DPP APKLINDO Lampung, di Alodia Hotel (Ex Sparklite Hotel – Jalan Antasari Bandar Lampung), Senin 10 Juni 2024.

Ketua DPP APKLINDO Lampung Ahmad Apriliandi Passa menyampaikan, sinergi dengan IHKA Lampung dan LSP Pariwisata Housekeeper dalam rangka uji kompetensi ini, telah dilakukan 3 kali dalam jangka waktu 4 tahun terakhir dengan tujuan memberikan kesempatan bagi perusahaan anggota untuk memiliki karyawan yang kompeten di bidang kebersihan pariwisata perhotelan.

“Atas kerjasama ini, tentunya kami mengucapkan terimakasih atas diikutkannya 50 orang karyawan dari perusahaan anggota kami pada program uji kompetensi ini karena bagaimana pun juga dengan IHKA Lampung kami berada dalam iklim yang sama, dimana perusahaan anggota Apklindo juga melayani jasa kebersihan public area di hotel, tempat wisata, mall, perkantoran, rumah ibadah dan fasilitas komersil lainnya,” jelas Apri.

Pada uji kompetensi tersebut terdapat 3 Skema yang diikuti oleh perusahaan anggota APKLINDO Lampung antara lain, Skema Housekeeping Public Area (39 Orang), Administrasi Housekeeping (3 orang) dan Supervisor Housekeeping (8 orang) dengan peserta karyawan dari 6 perusahaan anggota antara lain PT. Gemilang Mulia Sarana, CV. Wilis Tirta Kencana, PT. Citra Diakoni, PT. Maharani Putri Abadi. PT. Izza Rizki Pratama & PT. Gemilang Garda Perkasa.

Rhiya Atmaja selaku Ketua BPD IHKA Lampung/Assesor BNSP LSP Pariwisata Housekeeper berharap, 100 peserta yang mengikuti uji kompetensi (asesi) dapat dinyatakan kompeten oleh penguji (assesor) untuk 6 posisi level pekerjaan yakni Housekeeping Public Area, Room/Laundry Attendant, Housekeeping Admin, Housekeeping Supervisor, Asisten Executive Housekeeping dan Executive Housekeeping.

Sementara itu Yudi Ananto, perwakilan LSP Pariwisata Housekeeper menyampaikan bahwa pelaksanaan uji kompetensi BNSP Housekeeping ini merupakan program dari BNSP, Kemenparekraf dan Kemenaker dengan tujuan agar masyarakat Indonesia dapat bersaing dan kompeten.

Salah satu peserta Sazili Mustafa petugas kebersihan dari PT. Gemilang Mulia Sarana yang ditempatkan di Fakultas Kedokteran Unila mengaku senang mengikuti uji kompetensi. “Ya saya senang ikut uji kompetensi karena bisa memacu semangatnya dalam bekerja, bertemu teman lainnya seprofesi dan tanda kita yang berkeringat di area diperhatikan,” ucap dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *