Berita Lampung Terkini
Berita  

Menyebut Pura Bali Sebagai Tempat Iblis, Acara Mister Tukul Diprotes Warga

Lampungway.com – Akibat Tayangan TransTV “Mister Tukul Jalan-jalan” yang berbau sara, Warga Hindu Bali merasa sakit hati. Tayangan itu telah membuat warga merasa dilecehkan. Bagaimana tidak, Pura sebagai tempat suci bagi mereka sama sekali tidak dihormati. Tanpa pakaian adat, team “Mister Tukul” memasuki pura, hal ini melanggar kesopanan, Bahkan Tukul telah menyebut salah satu Pure sebagai rumah iblis atau setan.
“Mereka tidak menggunakan pakaian adat, itu saja sudah tidak pantas,” ujar Ketua Dewan Nasional Pusat Koordinasi Hindu Indonesia, Ida Bagus Susena Panida Putra, dengan nada tinggi.
Gus Susena secara terbuka mengkritik tayangan di Tabanan dengan lokasi pura. Ada kutipan Tukul yang mengatakan bahwa pelinggih itu adalah rumah iblis atau setan. “Masak pelinggih dibilang rumah iblis. Kami meminta mereka meminta maaf, dari segi bahasa, itu biasa bagi mereka, bagi kita ini menyiksa,” tambah Gus Susena.
Ketua Dewan Nasional Pusat Koordinasi Hindu Indonesia itu, mendatangi kantor Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) di Jalan Ratna, Denpasar, Senin (23/2/2015) pagi.
Bagus Susena menyampaikan kegerahan masyarakat Bali terhadap tayangan berbau mistis yang mengambil lokasi syuting di beberapa pura di Bali.
Selain perwakilan Puskor Hindunesia dan ormas keagamaan Cakrawayu, hadir pula Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali I Nengah Muliarta serta perwakilan Trans 7, Putu Arsana. Mereka terlibat pembicaraan serius di salah satu ruangan kantor PHDI.
mister-tukul-jalan-jalan-diprotes-warga-hindu-bali
Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut kegerahan masyarakat Bali dengan acara Trans 7 yang bertajuk Mister Tukul Jalan-jalan pada 14 Februari 2015 yang berlokasi di Pura Peneduhan Desa Pakraman Sanggulan dan Pura Beji Beng, Tunjuk, Tabanan, serta acara bertajuk ‘Masih Dunia Lain’ yang mengambil lokasi di Padang Galak, Sanur, pada 20 Februari 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *