Berita Lampung Terkini
Berita  

Pesawat AirAsia Ubah Rute Sebelum Hilang

Pesawat AirAsia
Lampungway.com. Pesawat AirAsia Ubah Rute Sebelum Hilang. Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura hilang kontak dengan nenara pengawas lalu lintas udara pada Minggu (28/12/2014). Rute perjalanan pesawat diduga bukan yang biasanya.
“Pesawat telah meminta rute yang bukan biasanya, sebelum hilang kontak,” kata Staf Khusus Kementerian Perhubungan, Hadi Mustofa, Minggu, seperti dikutip dari Reuters.
Pewawat ini hilang kontak dengan menara pengawas lalu lintas udara di Jakarta, pada pukul 06.17 WIB. Di dalam pesawat ini terdapat 155 penumpang dan kru. Seharusnya, pesawat mendarat di Singapura pada pukul 08.30 waktu setempat–atau pukul 07.30 WIB.
Kantor AirAsia di Kuala Lumpur, Malaysia, menyatakan upaya pencarian sudah dimulai. Selain data penerbangan beserta jumlah penumpang dan kru, belum ada informasi detail lain yang dilansir.
AirAsia yang Hilang Sempat Terpantau di Korhanudnas Bangka Belitung
Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya telah mengirimkan tim pencari untuk membantu melacak keberadaan pesawat Airbus 320 milik maskapai penerbangan Air Asia yang dikabarkan hilang pada pagi ini, Minggu (28/12/2014).
Menurut Hadi, keberadaan pesawat tersebut sempat terpantau radar milik TNI AU yang berada di Korhanudnas HAS Hanandjoeddin, Bangka Belitung. “Pada hari ini juga kami mengirimkan pesawat Boeing 737 surveilance ke daerah sekitar lokasi untuk melakukan pencarian,” kata Hadi.
Hadi menuturkan, berdasarkan pantauam terakhir, pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu dilaporkan hilang kontak sejak pukul 07.15 WIB. Tak kurang dari 14 orang anggota TNI AU yang diterbangkan untuk melakukan pencarian pesawat tersebut.
“Dari pantauan terakhir, pesawat itu terakhir kontak di bearing 249 derajat dengan jarak 127 nautical mile,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *