Berita Lampung Terkini
Berita  

Inilah Pucok Krueng Wisata Pemandian Kolam Pegunungan, Surga Tersembunyi di Aceh Besar

Lampungway.com. Inilah Pucok Krueng Wisata Pemandian Kolam Pegunungan, Surga Tersembunyi di Aceh Besar. menuju Pucok Krueng tidaklah mudah, jalan tanah dan berbatu ini mampu membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman. Becek, dan licin ketika musim hujan.

Kolam Pemandian Pucok Krueng Aceh Besar

Namun, pemandangan indah plus udara yang segar luar biasa ada di Pucok Krueng, nuansa hijau dari aneka pepohonan dan air kolam asli pegunungan melenyapkan semua letih dan pegal yang menjalari tubuh.

Jika Anda datang ke Aceh, jangan lupa untuk menikmati Surga Tersembunyi di Aceh Besar ini, menikmati pemandangan air dan goa.

Lokasi kolam pemandian yang bernama Pucok Krueng tersebut dijaga oleh para pemuda desa. Pucok Krueng adalah lokasi wisata pemandian kolam pegunungan yang terletak di Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Lhoknga dikenal sebagai kawasan wisata pantai dengan pasir putih yang indah dan kuliner yang mengasyikkan. Tapi, di balik semua itu, ternyata Lhoknga menyimpan satu pesona yang mulai memancarkan sinarnya ke permukaan. Yakni sinar pesona pegunungan Pucok Krueng. Disebut Pucok Krueng dalam bahasa Aceh, karena lokasi ini benar-benar terletak di sudut gunung di kawasan ketinggian di atas pemukiman penduduk. Lokasi ini baru saja dikenal sejak tiga tahun lalu.

Tak banyak yang tahu keberadaan tempat ini selain warga kampung setempat, yang datang berkebun dan bersawah di kawasan Pucok Krueng. Lama kelamaan kawasan ini mulai dikenal di kalangan anak-anak muda pencinta alam dan backpacker, yang akhirnya berkembang dari mulut ke mulut.

Sesaat menjajaki kaki di kawasan ini, mata kita akan langsung dimanjakan dengan hijaunya kolam air yang mata airnya langsung bersumber dari gunung. kolam dengan goa yang bisa ditelusuri maka ujung goa ini akan berakhir di sebuah sungai pegunungan di Lamno, Aceh Jaya. Fakta yang cukup mengejutkan. Karena jika ditempuh dengan jalur darat, maka jarak dari Lhoknga menuju Lamno, Aceh Jaya adalah 75 kilometer.

Di kolam utama terdapat warna air yang kehijauan, para pengunjung terlihat sibuk mengabadikan suasana, dan sebagian lainnya asyik berenang menikmati segarnya air.

Di dinding tebing terlihat seutas tambang tergantung dari atas tebing. Rupanya tambang ini digunakan pula untuk para pengunjung yang ingin menguji adrenalin mereka, dengan memanjat dinding tebing dengan tambang hingga ke puncak dan kemudian melompat ke kolam pemandian. Jaraknya tak jauh, hanya kurang dari 20 meter saja, namun tak semua orang bisa melakukannya.

Keberadaan lokasi Pucok Krueng memang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Dan tentu saja ini merupakan pekerjaan rumah untuk pemerintah setempat jika memang ini meraup banyak manfaat dari potensi wisata yang ada dan jika sudah menjadi tempat yang ramai diharapkan masyarakat juga bisa tetap menjaga tempat ini agar terus alami.

Belum banyaknya intervensi dari masyarakat di lokasi kolam pemandian ini membuat lokasi tetap asri dan diharapkan suasana alami dan segar akan terus terjaga. Selain memberikan manfaat kesegaran yang alami, kehadiran kolam pemandian Pucok Krueng merupakan keseimbangan alam yang harus dijaga kelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *