Berita  

Wow Inilah Tomat Ungu, Hasil Kawin Silang Tomat dan Terong

tomat ungu

Lampungway.com – Wow Inilah Tomat Ungu, Hasil Kawin Silang Tomat dan Terong. Tomat ungu menjadi satu dari ratusan varietes yang ditampilkan dalam kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 25, yang dipusatkan di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang 17-20 Oktober 2015.

Inilah Tomat Ungu, Hasil Kawin Silang Tomat dan Terong

Tomat umumnya dikenal dengan warna merah menyala atau merah kekuningan jika sudah matang dan berwarna hijau saat masih mentah. Tapi tomat satu ini berbeda dan tidak lazim ditemukan dipasaran, ya ini tomat ungu.
tomat ungu
Tomat Ungu adalah tomat hasil perkawinan silang antara tomat dan terong ungu, sehingga mengahasilkan warna tomat unggu mirip terong. Namun tetap berbentuk tomat bulat dan berukuran normal seperti tomat pada umumnya, buah dan pohonnya pun tetap sama seperti pohon tomat.
Soal rasa, tomat ungu juga memiliki rasa sama asam manis seperti tomat biasanya, tapi bedanya tomat ini tidak akan berubah warna sejak putik hingga buahnya matang karena warnanya akan tetap unggu seperti terong.
Hingga saat ini tomat ungu belum ditanam secara komersil karena masih diteliti dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (balidbang) Kementerian Pertanian, untuk meneliti lebih lanjut apa saja keunggulannya selain unik dan bagaimana cara pembiakannya secara massal. Tomat Ungu sendiri dikenal sebagai Obat anti Kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *