Berita  

Cara Tepat Pilih Asuransi Rumah Terbaik dan Terpercaya

Lampungway.com. Cara Tepat Pilih Asuransi Rumah Terbaik dan Terpercaya. Pentingkah Asuransi Rumah?. Jawabannya tergantung pribadi masing-masing, namun secara financial Asuransi Rumah sangat penting untuk menghindari dari segala musibah yang menerima rumah, misal kebakaran.

Cara Tepat Pilih Asuransi Rumah Terbaik dan Terpercaya
Cara Tepat Pilih Asuransi Rumah Terbaik dan Terpercaya

Banyak orang berpendapat bahwa membeli sebuah rumah atau membangun rumah hampir sama sulitnya dengan menjaganya setelah kita memilikinya. Banyak biaya dan pengeluaran yang harus kita perhitungkan ketika memiliki sebuah rumah, salah satunya adalah biaya perawatan dan pemeliharaannya yang jumlahnya tidak kecil.
Salah satu hal yang paling penting untuk menjadi perhatian kita setelah memiliki sebuah rumah adalah bergabung dengan asuransi sebagai bentuk perlindungan terhadap aset tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk memperkecil kerugian yang timbul akibat berbagai macam hal yang tidak diinginkan terhadap rumah yang kita miliki.
di Indonesia, banyak perusahaan asuransi yang memberikan produk asuransi properti di dalam layanan mereka Tentu bukan hal yang mudah untuk menentukan dan memilih asuransi yang bisa kita gunakan pada properti kita, karena itu cermati beberapa langkah di bawah ini sebelum memutuskan dan memilih asuransi bagi properti kita:
Lakukan Perbandingan sebelum bergabung
Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk membeli produk asuransi rumah karena banyak perusahaan asuransi dengan beragam penawaran menarik yang bisa kita jadikan sebagai pilihan. Lakukan perbandingan antara beberapa perusahaan asuransi yang menurut kita paling bagus, atau kita juga dapat menanyakan pendapat dari teman atau keluarga yang telah memiliki pengalaman terkait dengan asuransi properti tersebut.
Bila kita tidak memiliki waktu untuk mendatangi kantor perusahaan asuransi, maka tidak ada salahnya kita melakukan perbandingan tersebut secara online melalui website resmi mereka.
Pilih Polis yang Tepat
Asuransi properti tidak hanya melindungi dan mengganti sejumlah kerugian yang timbul akibat kasus bencana, kebakaran, dan lainnya. Namun asuransi properti juga harus bisa digunakan untuk memperbaiki, merombak atau merenovasi rumah setelah terjadinya bencana. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa, biaya renovasi rumah yang dikeluarkan pasca bencana juga harus tertera di dalam polis asuransi yang kita miliki.
Contoh, bila di dalam sebuah bencana kebakaran properti kita mengalami kerusakan total dan barang-barang berharga di dalam rumah juga ikut musnah dalam kejadian tersebut, maka kita harus bisa melakukan klaim atas kerugian yang timbul sesuai dengan cakupan polis yang telah kita ambil, dan mendapatkan sejumlah uang tambahan sebagai biaya membersihkan puing-puing dan perbaikan.
Pilih Cakupan yang Memadai
Sangat penting untuk selalu memperhatikan nilai cakupan pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada kita, bila sewaktu-waktu terjadi bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan terhadap properti yang kita miliki.
Contoh, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi properti, kita harus mengetahui karakteristik umum yang biasa terjadi di sekitar lokasi properti kita. Bila ternyata properti kita berada di wilayah yang rawan banjir, maka membeli asuransi banjir menjadi wajib dan hal prioritas di dalam asuransi yang akan kita pilih nantinya.
Cermati Rasio Penyelesaian Klaim Perusahaan Asuransi
Saat akan mengambil keputusan untuk memilih perusahaan asuransi yang akan kita pakai, maka tidak ada salahnya kita melakukan penelusuran terhadap riwayat penyelesaian klaim yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tersebut. Kita bisa menggunakan salah satu cara yang paling mudah dan paling efektif, yaitu dengan menelusuri forum diskusi online serta bertanya langsung ke perusahaan asuransi bersangkutan untuk mendapatkan informasi komprehensif.
Jangan memilih sebuah perusahaan asuransi hanya karena tergoda oleh tawaran nilai premi yang rendah. Perlu untuk selalu diingat bahwa asuransi properti akan melibatkan sejumlah besar uang kita, karena itu kita harus ekstra hati-hati saat memilih perusahaan asuransi yang akan kita gunakan.
Pahami Polis dengan Teliti
Ada banyak kata di dalam polis asuransi yang bagi sebagian besar orang akan sulit untuk dipahami, karena itu bila ada poin yang tidak kita mengerti dengan jelas, maka sebaiknya kita menanyakannya kepada pihak perusahaan asuransi yang kita pakai. Hal ini akan mencegah terjadinya salah penafsiran yang mungkin saja akan berujung pada kerugian yang harus kita tanggung di hari yang akan datang.
Cermati dan pahami dengan benar isi keseluruhan polis asuransi dan segera lakukan perbaikan bila terdapat kesalahan ejaan ataupun perbedaan nama, alamat, dan yang lainnya. Hal ini akan menghindarkan kita dari kesulitan melakukan klaim di hari yang akan datang.
Jadi, Tertarik Beli Asuransi Rumah?
Sekarang tinggal Anda yang menentukan apakah mau menggunakan asuransi rumah atau tidak. Namun, bila ingin memilikinya, lakukan sesuai dengan urutan di atas. Jangan terburu-buru dalam memilih, karena setiap perusahaan asuransi selalu memiliki perbedaan cakupan perlindungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *