Berita  

Info Terkini Penerimaan CPNS 2016, Sebanyak 237.000 Untuk Pusat dan Daerah

Lampungway.com. Info Terkini Penerimaan CPNS 2016, Sebanyak 237.000 Untuk Pusat dan Daerah. Pada tahun 2016 Pemerintah kembali membuka lowongan CPNS sekitar 237.000 calon yang akan diterima yang di bagi dalam dua formasi.

Info Terkini Lowongan CPNS 2016
Info Terkini Lowongan CPNS 2016

Formasi CPNS 2016 pertama : formasi penerimaan CPNS pusat yang mencapai 71.436 lowongan CPNS dan Formasi CPNS 2016 Kedua adalah formasi penerimaan CPNS daerah yang jumlahnya mencapai 166.684 lowongan.
Hal tersebut diungkapkan oleh Setiawan Wangsaatmaja, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang mengatakan sebagian besar lowongan CPNS dibuka untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.
Ketika disinggung alokasi untuk tenaga kesehatan dan pendidikan, di tingkat pusat mencapai 20% dan 25% dari total lowongan CPNS 2016 yang dibuka.
Sementara itu di daerah, posisi yang dibuka untuk tenaga kesehatan dan pendidikan mencapai masing-masingnya mencapai 30% dan 30%. Namun Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan bahwa hal ini belum dapat dijadikan patokan atau tolak ukur, bisa berubah karena didasarkan pada struktur organisasi dan tata kerja saat ini,” katanya Selasa (16/2).
Sementara itu, Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan, lowongan CPNS 2016 untuk memenuhi tuntutan para bidan tidak tetap dan dokter honorer.
“Akan kami penuhi, teknisnya bagaimana nanti diatur,” katanya.
Belum lama ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah melaporkan 17 portal yang melakukan penipuan dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). PANRB akan bertindak tegas terhadap maraknya informasi menyesatkan (hoax) yang diunggah di sejumlah portal.
Selain tidak benar, hoax tersebut dikhawatirkan akan membuka celah terjadinya penipuan dan percaloan terkait penerimaan CPNS.
“Pelaporan ini untuk memberi efek jera dan tidak ditiru pihak lain,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Herman Suryatman, Selasa (9/2).
Berdasarkan penelusuran PANRB, untuk meyakinkan pembaca, pengelola portal mengutip sebagian berita, ada juga yang menampilkan foto Menteri PANRB dan cara-cara lain yang cukup menarik.
Inilah 17 situs yang diduga oleh PANRB telah memberikan informasi  bohong mengenai penerimaan PNS tahun 2016.

http://www.cpns2016.com
http://www.cpns.info/2016/02/rekrutmen-penerimaan-cpns-2016tetap.html
http://www.cpms.info/2015/09/penerimaan-cpns-mulai-digelar-maret-2016.html

http://.rikowijaya.com/2014/09/pendaftaran-cpns-html
-yang-dibutuhkan-untuk-mengikuti.html

http://www.cpns2016.com/716/regirstrasi-pendaftaran-cpns-maret-2016-pendaftaran.html

http://www.cpns.info/p/daftar-isi.html

http://www.teskerja.com/2015/10/formasi-dan-pendaftaran-cpns-2016-2017-sumatera-utara.html
http://www.posmetro.info/2015/12/sebarkan-akhirnya-pendaftaran-cpns-2016.html

Herman bilang, beberapa kali pihaknya telah membantah informasi tersebut dan mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati dan mewaspadai rumor yang berkembang, terutama di media sosial.
“Setiap informasi akan kami sampaikan melalui website Kementerian PANRB. Karena itu, masyarakat supaya mengkonfirmasikan informasi yang meragukan ke Kementerian PANRB,” ujarnya.
Berbagai rumor tersebut, menurut Herman jelas tidak sesuai dengan langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah dalam reformasi birokrasi, khususnya di bidang SDM Aparatur. Sejak tahun 2014, seleksi CPNS di seluruh Indonesia sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang tidak membuka peluang sekecil apapun bagi intervensi pihak manapun.
Seleksi CPNS juga tidak dipungut biaya. Herman berharap pihak Kepolisian dapat menindak sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, siapa saja pelakunya serta apa motivasinya. Tindakan itu diduga melanggar ketentuan dalam Undang-Undang No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan KUHP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *