Berita Lampung Terkini
Berita  

ISIS Membabi Buta Serang Hotel Tripoli Libya, Untunglah Tak Ada Warga Indonesia Jadi Korban

Lampungway.com – Hotel Corinthia di Ibu Kota Tripoli, Libya, kemarin diserang pasukan militan ISIS secara membabi buta. Minimal dua pria bersenjata menembaki lobi tempat para tamu menunggu, melempar granat ke resepsionis, serta meledakkan mobil di pelataran luar hotel. Untunglah Tak Ada Warga Indonesia yang menjadi Korban.
Kelompok ini juga sempat menduduki dan menyandera beberapa warga asing sebelum akhirnya berhasil dibebaskan pasukan keamanan koalisi Libya. Informasi terbaru menyatakan 11 orang yang tewas dan 3 luka-luka akibat serangan tersebut.
Hotel yang diserang itu termasuk bintang lima di Tripoli. Corinthia kerap menjadi tempat menginap warga asing dan diplomat. Belum jelas apa agenda ISIS menyerang hotel tersebut. Akun Twitter ISIS hanya mengakui bertanggung jawab atas serangan di Tripoli tanpa menjelaskan lebih detail.
Pemerintah AS dan Prancis telah membenarkan warganya tewas dalam serangan tersebut. Korban warga Negeri Paman Sam bernama David Berry, seorang kontraktor perusahaan keamanan Crucible LLC.
Sedangkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri memastikan tidak ada warga Negara Indonesia jadi korban pada serangan dihotel mewah itu. Dalam pernyataan persnya, KBRI Tripoli telah memantau korban tewas yang berkewarganegaraan Libya, Amerika Serikat, Prancis, Korea Selatan dan Filipina.
“Indonesia menyampaikan simpati yang mendalam kepada pemerintah dan keluarga korban. Indonesia juga menyampaikan bahwa serangan tak bertanggung jawab tersebut dapat mengganggu upaya perdamaian,” tulis Kemlu dalam pernyataan pers Rabu (28/1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *