Berita Lampung Terkini
Berita  

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buka Lowongan 7.000 Guru, Yuk Daftar

Lampungway.com. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Buka Lowongan 7.000 Guru, Yuk Daftar. Kabar gembira datang dari para calon guru, betapa tidak tahun 2016 ini, Lowongan 7.000 Guru akan dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, para guru ini nantinya akan diangkat langsung menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di masing-masing daerah.
Ini adalah Program Guru Garis Depan yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena sekitar 7000 CPNS guru tersebut akan ditempatkan di daerah terpencil yang kekurangan tenaga pendidik.
Program ini sudah berjalan sejak tahun lalu. Sejak dibuka, Kemendikbud mendata sudah ada 798 orang yang telah lulus dan sudah ditempatkan di beberapa daerah terpencil.
Tak hanya langsung diusulkan diangkat menjadi PNS daerah, para guru yang ditempatkan di garis terdepan tersebut juga akan diberikan tambahan tunjangan.
Jika biasanya para guru hanya mendapatkan tambahan gaji dari tunjangan sertifikasi, namun para guru di garis depan akan mendapatkan tunjangan‎ khusus.
“Jadi mereka dapat tiga kali, ini kelebihannya, dan ini bertujuan mewujudkan program Nawacita Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tentang kembali menghadirkan negara di seluruh wilayah Indonesia yang kekurangan guru,” ucap Menteri Anies
Selama ini, imbuh Anies, penempatan guru di daerah terpencil menghadapi masalah infrastruktur yang tidak mendukung. Alhasil, banyak guru yang enggan ditempatkan di daerah terpencil.
Menurut Anies, perekrutan tenaga pendidik yang akan bergabung sebagai guru di garis depan, melalui seleksi seperti umumnya penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *