HOT News

10 Cara Pencegahan penyakit Ginjal

Lampungway.com . Kebanyakan orang kurang menyadari pentingnya menjaga organ tubuh, seperti ginjal. Padahal fungsi ginjal ini sangat vital sebab sebagai penyaring kotoran yang terdapat dalam makanan yang nantinya akan dibuang melalui urine.
ginjalGinjal berfungsi untuk membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada sistem tubuh manusia, Secara sistematis akan membuang cairan yang berlebih dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.
Apabila ginjal tidak dapat berfungsi, atau dalam dunia kedokteran sebagai penyakit gagal ginjal, sisa metabolisma yang berada didalam tubuh dan tidak dikeluarkan akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.
Racun metabolism ini akan berdampak munculnya rasa mual, sakit kepala hebat hingga kesadaran menurun dan muntah.
Cairan yang tidak bisa dikeluarkan dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukkan cairan di seluruh bagian rongga tubuh efek parahnya akan terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak ditangani maka penderita gagal ginjal akan menemui ajalnya.
Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan secara tepat dan baik, akan dapat diselamatkan. Sedangkan penderita gagal ginjal kronik tidak bisa disembuhkan dan harus menjalani perngobatan seumur hidup.

Berikut ini adalah cara pencegahan penyakit Ginjal :

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Dan ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak dari awal, maka resiko gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya bisa ditekan. Berikut 10 tips cara mencegah penyakit ginjal :

1. Memanagemen  diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan baik :

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

2. Mengurangi asupan garam :

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

3. Minum banyak air setiap hari :

Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

4. Jangan menahan buang air kecil :

Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin.
Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Baca juga Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

5. Makan dengan benar:

Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.
Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.
<– Back || Next –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *