Berita  

Dahsyatnya Sayuran ini, Dapat Bunuh Sel Kangker

Lampungway.com – Ternyata ada beberapa kombinasi sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai makanan dan efektif untuk membunuh sel kangker. Sayuran anti kangker itu adalah Brokoli dan Tomat. Dari beberapa penelitian terungkap bahwa efek brokoli mampu mencegah kanker dan tumor. Brokoli mengandung sulforaphane yang diketahui dapat melawan sel kanker dan tidak merusak sel sehat di sekitarnya. Tidak hanya sulforaphane yang dapat melawan sel kangker, lycopene pada tomat juga dapat menghancurkan penyakit berbahaya itu.
Kedua zat tersebut memang efektif untuk menangkal kanker jika bekerja sendiri-sendiri. Namun ternyata kombinasi dari keduanya dapat semakin mematikan untuk sel kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cancer Research menemukan fakta bahwa jika zat sulforaphane dan lycopene digabungkan, keduanya akan menjadi kombinasi yang sangat dahsyat untuk mencegah kanker.
“Jika tomat dan brokoli dimakan bersamaan kami melihat adanya efek yang hebat. Ini karena zat yang ada di dalamnya melawan kanker dengan cara yang berbeda,” ungkap John Erdman dari University of Illinois, seperti dilansir oleh Daily Health Post (12/12/2014).
Penelitian dilakukan terhadap tikus laboratorium dengan menanamkan sel kanker prostat pada beberapa tikus. Kemudian tikus diberikan makanan yang mengandung 10 persen bubuk tomat dan 10 persen bubuk brokoli. Sementara tikus yang lain hanya diberikan bubuk tomat atau bubuk brokoli saja.
Dari percobaan tersebut, didapatkan fakta bahwa kelompok tikus yang paling mendapatkan manfaatnya adalah yang mengkonsumsi bubuk tomat dan brokoli. Tumor prostat yang ada dalam tubuh tikus lebih cepat mengecil dibandingkan dengan yang lain.
Peneliti menyarankan bahwa seorang spria perlu mengkonsumsi 1,4 cangkir brokoli mentah dan 2,5 cangkir tomat mentah untuk mendapatkan manfaat terkait penyakit kanker. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi pasien kanker, terutama jika kanker mereka terdeteksi lebih awal.
Sayuran seperti tomat dan brokoli lebih mudah didapatkan dan lebih murah harganya dibandingkan dengan perawatan untuk mengobati kanker. Karena itu, mengkonsumsi sayuran anti kangker tersebut bisa dilakukan untuk mencegah kanker. Selain itu, tomat dan brokoli juga bisa mencegah banyak penyakit seperti diabetes tipe-2, penyakit jantung, obesitas, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *