Mau Memulai Usaha Salon? Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Lampungway.com. Mau Memulai Usaha Salon? Perhatikan 7 Hal Penting Ini.  Siapa bilang salon tidak membutuhkan Majoo aplikasi usaha yang kini sedang tren? Justru dengan adanya aplikasi wirausaha ini, bisnis salon yang sedang Anda rencanakan nantinya akan lebih mudah dijalankan.

Tak semua usaha kini bergantung dengan manajemen konvensional yang masih dilakukan dengan manual. Kini semuanya berubah ke arah digitalisasi yang lebih praktis dan efisien, termasuk bisnis salon.

Bagi Anda yang berencana untuk menekuni bisnis di bidang kecantikan atau salon, perlu tahu hal penting apa saja yang wajib diperhatikan. Membangun usaha tentunya tak bisa dilakukan dengan asal-asalan bukan. 

 

7 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan sebelum Memulai Usaha Salon 

Peluang bisnis salon masih cukup baik di tengah masyarakat Indonesia. Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan penampilan cantik dan indah. Bukan hanya untuk acara tertentu saja tetapi juga tampilan sehari-hari.

Banyak sekali perawatan yang bisa ditawarkan dalam usaha salon. Contohnya perawatan wajah seperti totok mata, totok wajah atau facial. Ada juga salon dengan layanan perawatan kulit seperti massage dan lulur.

Apapun layanan yang rencananya akan diadakan di salon Anda, semua harus penuh perhitungan. Ada beberapa langkah dan hal yang perlu diperhatikan untuk membangun bisnis ini.

 

  1. Menentukan layanan yang diberikan

Ada banyak sekali kategori salon yang mulai buka, seperti salon khusus kecantikan kulit atau salon khusus perawatan rambut. Bahkan ada juga yang menyediakan layanan lengkap dari keduanya.

Anda sebaiknya menentukan layanan apa saja yang hendak ditawarkan. Cakupan yang luas dari bisnis salon seringkali membingungkan. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda mengambil fokus demi peningkatan pelayanan di masa depan.

 

  1. Ambil kursus kecantikan

Tahukah Anda sebagian besar salon kecantikan selalu dimiliki oleh mereka yang memiliki keahlian di bidang ini. Alias mereka yang sudah pernah mengikuti kursus kecantikan dan mendapatkan sertifikasi.

Adanya sertifikasi inilah yang nantinya akan menciptakan kepercayaan kepada konsumen. Keahlian sangat dibutuhkan karena salon termasuk bisnis jasa. Jika Anda saja tidak memiliki keahlian ini bagaimana cara untuk mengukur kepuasan layanan pelanggan nantinya?

 

  1. Mencari distributor yang tepat

Ketika Anda membuka salon, otomatis juga perlu mempersiapkan bahan-bahan. Baik itu alat atau perlengkapan kecantikan semua harus lengkap. Supaya Anda bisa membuka bisnis sesuai budget akan lebih baik untuk menari distributor yang tepat.

Masalah kecantikan Anda tidak bisa menggunakan produk dari distributor abal-abal. Perlu keterangan dan keaslian produk sehingga perawatan yang diberikan tidak mengecewakan. Melalui distributor juga Anda bisa mendapatkan produk yang harganya terjangkau.

 

  1. Tak lupa untuk memilih lokasi strategis

Apapun usahanya, lokasi jadi penentu keberhasilan paling besar. Karena Anda berencana menjual jasa maka pilihlah lokasi yang strategis. Dalam artinya lokasi mudah ditemukan dan dilihat orang yang sedang berlalu lalang.

Apakah di lokasi tersebut masih belum banyak salon yang dibuka beserta siapa saja orang yang bertempat tinggal di area tersebut. Apakah perkantoran atau perumahan. Akan lebih baik jika Anda memilih tempat ramai yang tak pernah sepi.

 

  1. Membuat perencanaan bisnis

Selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa merencanakan bisnis sedemikian rupa. Ada rancangan besar yang bisa Anda buat secara garis besar. Contohnya seperti konsep salon, segmen pelanggan dan konsep salon sampai pembiayaan.

Adanya perencanaan ini akan mempermudah proses realisasi. Menemukan target konsumen tentu akan jadi salah satu faktor untuk menentukan lokasi salon.

 

  1. Melakukan promosi

Memanfaatkan teknologi, Anda tak hanya bergantung pada orang berlalu lalang di depan toko. Anda kini bisa menjangkau konsumen yang areanya mungkin sedikit jauh dari salon. Tapi dengan memanfaatkan kecanggihan sosial media Anda bisa menciptakan promosi.

Buatlah promosi yang menarik seperti potong rambut dengan gratis cuci rambut. Bisa juga promo lain berhubungan dengan tren kecantikan. Jika Anda menjual produk kecantikan sekaligus secara khusus, berikan diskon harga.

 

  1. Berkomitmen

Memulai usaha salon sendiri bisa dikatakan cukup berat. Tapi Anda perlu memiliki komitmen yang keras untuk bisa tetap maju. Komitmen dengan sendiri bisa menjadi bagian dari motivasi untuk tidak mundur sebesar apa rintangan yang baru datang.

Cobalah Anda bertanya kepada diri sendiri, apakah sudah siap memulai usaha salon? Jika sudah maka persiapkan fisik, mental sekaligus modal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *