Hasil Survei Capres-cawapres Rakata di Lampung, Prabowo-Gibran Menang Hampir 50 Persen

Bandarlampung (LW): Lembang Survei ALSHCI, Rakata dan Kuadran merilis hasil survei elektabilitas Pemilihan Capres dan Cawapres 2024 di Provinsi Lampung, Sabtu (10/2/2023).

Peneliti Rakata Fatih Raftsaal H Kuswanto menjelaskan, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Lampung pada 15 kabupaten/kota yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

“Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 2.000 responden, dengan metode stratified random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (Margin of Error – MoE) ±2,19% pada tingkat kepercayaan 95%, sampel terdistribusi secara proporsional,” ungkapnya.

Lebih lanjut, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Semua populasi pemilih di Provinsi Lampung memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai responden.

“Periode survei 1 – 5 Februari 2024 Stratifikasi populasi pemilih dikelompokkan berdasarkan jumlah pemilih di Provinsi Lampung, selanjutnya sampel dipilih secara berjenjang pada kabupaten,” jelasnya.

Selanjutnya, Hasilnya dari ketiga pasangan Paslon, Paslon 02 Prabowo Gibran mendapat elektabilitas 49,65 persen, diurutkan ke dua 03 Ganjar Mahfud MD dengan elektabilitas 21,65 persen, posisi ketiga Anies dan Cak Imin 18,25 persen.

“Prabowo – Gibran menjadi sosok paling unggul pada 14 Kabupaten/Kota, dan Ganjar – Mahfud menjadi sosok paling unggul pada Kabupaten Lampung Barat. Swing Voters tersisa 10,45%,” paparnya.

Perlu diketahui, dalam Stratified Random Sampling yang dilakukan terdiri dari tiga tahap yaitu Primary Sampling Unit (PSU) pada survei ini adalah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang berasal dari data KPU Provinsi Lampung. Jumlah responden pada masing-masing PSU adalah 10 responden.

Kemudian, tahap dua dari masing-masing TPS terpilih, diambil responden secara acak (5 responden laki-laki dan 5 responden perempuan).

“Tahap tiga, dari masing-masing responden terpilih secara acak tersebut kemudian diwawancarai,” pungkas Fatih. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *